Nyon – Juventus akan memakai seragam utama di final Liga Champions akhir pekan ini. Sementara Real Madrid harus memakai seragam tandang berwarna ungu-ungu.

Pada laga final yang dihelat di Millenium Stadium, Cardiff, Minggu (4/6/2017) dinihari WIB besok, Juve berstatus sebagai tim tuan rumah sementara Madrid adalah tim tamu.

Juventus dengan seragam kandang hitam-putih di Final Liga Champions (Foto: Getty Images/Stuart Franklin)

Maka dari itu Juve pun dipersilakan memakai seragam kebesaran mereka, yakni hitam-putih dengan celana dominan warna putih. Sebenarnya Madrid sudah meminta kepada UEFA untuk tetap memakai jersey utamanya, putih-putih.

Namun karena UEFA mengharuskan kedua tim memakai jersey yang kontras warnanya demi kepentingan hak siar televisi plus kemudahan wasit dalam melihat pemain, maka Madrid mau tak mau harus memakai seragam keduanya yang berwarna ungu-ungu.

Aturan aneh ini pun sempat merepotkan Madrid dan Atletico Madrid kala bertemu di semifinal lalu. Atletico diminta mengubah strip di jersey mereka saat tandang ke Bernabeu, sementara Madrid memakai seragam hitam-hitam saat melawat ke Calderon. Padahal saat Madrid dan Atletico bertemu dua kali di partai final, keduanya memakai seragam kandang.

Dirunut jauh ke belakang pada pertemuan pertama kedua tim di final Liga Champions yakni musim 1997/1998, UEFA saat itu tak melarang Juve dan Madrid menggunakan seragam kandangnya.

Madrid, yang menggunakan seragam putih-putih dengan motif garis serta nameset berwarna ungu, unggul 1-0 atas Juve lewat gol tunggal Predrag Mijatovic.

Mungkin Madrid bisa berharap tuah ‘seragam’ ungu di final kali ini bisa membawa trofi Liga Champions ke-12. Atau justru Juve yang bakal berjaya? Kita tunggu saja. Demikian dikutip dari Sportskeeda.

(mrp/cas)


NO COMMENTS