Jakarta – Belum ada satu tim pun yang bisa melindungi gelar juara Liga Champions dengan menjuarainya selama dua musim berturut-turut. Real Madrid berjarak satu laga lagi untuk berusaha melakukannya sekaligus mengukir rekor baru.

Musim lalu El Real menjuarai Liga Champions dengan keberhasilan mengalahkan lawan sekota Atletico Madrid. Musim ini Madrid berpeluang melindungi gelar juara tersebut dengan berada di final lawan Juventus pada 3 Juni mendatang.

Hal itu berarti bahwa Madrid kini punya peluang jadi tim pertama yang sukses melindungi gelar juara di era Liga Champions. Kali terakhir ada AC Milan (1989, 1990) kendatipun itu terjadi saat turnamen masih berformat Piala Champions.

Semenjak itu UEFA.com menyebut sudah ada Milan (1994, 1995), Ajax (1995, 1996), Juve (1996, 1997), dan Red Devils (2008, 2009) yang bisa kembali ke final dengan status juara pada musim sebelumnya, tapi kemudian tumbang di partai puncak.

“Itu merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh setiap pemain di Real Madrid,” ujar bintang Madrid Cristiano Ronaldo di RealMadrid.com.

“Kami ingin masuk buku sejarah dan jika kami unggul maka kami akan jadi tim pertama yang mengangkat trofi ini dua musim berturut-turut di bawah format baru Liga Champions. Itu merupakan ambisi dan impian kami. Mari berharap saja,” tuturnya.

Bukan cuma itu rekor yang akan ditorehkan ‘Si Putih’ jika bisa mengatasi Bianconeri di final nanti. Zinedine Zidane juga bisa menjadi pelatih pertama yang menjuarai Liga Champions dua musim berturut-turut, sementara Sergio Ramos akan jadi kapten perdana yang mengangkat trofi tersebut dalam dua musim secara berturut-turut di era Liga Champions.

UEFA.com juga menyebut sebuah statistik lain yang bisa kian membesarkan hati Madridista: Madrid sudah memenangi seluruh lima final Liga Champions yang telah mereka jalani sejauh ini.

(krs/fem)


NO COMMENTS