Lisbon – Borussia Dortmund pulang dengan tangan hampa dari markas Benfica. Pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Dortmund takluk 0-1.

Pada duel yang dihelat di Estadio Da Luz, Rabu (15/2/2017) dinihari WIB, Dortmund tampil dominan dengan 69 persen ball possesion serta membuat 12 attempts dengan enam mengarah ke sasaran.

Tapi dominannya Dortmund itu berujung sia-sia karena Benfica justru mencetak gol tunggal kemenangan dari satu-satunya attempts on target sepanjang 90 menit. Itu lewat gol Kostantinos Mitroglou di menit ke-48.

Dortmund sempat mendapat penalti tapi eksekusi Pierre-Emerick Aubameyang gagal menjebeol jala Benfica

Meski tunduk 0-1, Dortmund masih berpeluang besar lolos karena leg kedua digelar di Signal-Iduna Park 8 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Benfica mendapat peluang pertama di menit kelima lewat Eduardo Salvio ketika dia berhasil menaklukkan Sokratis Papasthoupoulos dalam duel sprint. Tapi sepakan Salvio masih melayang di atas mistar.

Setelah itu Benfica berada di bawah tekanan Dortmund yang membuat kans pertamanya dari Pierre-Emerick Aubayemang pada menit ke-10. Dari jarak 12 yard, sepakan Aubameyang yang tinggal berhadapan dengan Ederson malah melayang di atas mistar.

Foto: REUTERS/Pedro Nunes

Ederson mengadang peluang Dortmund lagi pada menit ke-23 saat Ousmane Dembele mendapat crossing dari sisi kiri dan menyontek bola di jarak dekat, tapi Ederson mampu mengadangnya.

Dortmund Kalah Tipis di Markas BenficaFoto: REUTERS/Pedro Nunes

Dua menit setelah sepakan first time Marcel Schmelzer pun masih tak menemui sasaran setelah bola liar hasil sapuan Ederson.

Benfica akhirnya bisa bernapas dari tekanan Dortmund setelah wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Masuk di babak kedua, Benfica malah bikin gol dari shot on goal pertamanya di menit ke-48. Berawal dari korner Pizzi, bola sempat disundul Luisao dan mengarah ke depan gawang yang lantas disontek Mitroglou dari jarak dua yard.

Dortmund Kalah Tipis di Markas BenficaFoto: AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

Dortmund tak buang-buang waktu untuk mencari gol penyama kedudukan karena di menit ke-51 serbuan Marco Reus dari sisi kiri berhasil disambut sepakan Dembele. Tapi lagi-lagi Ederson mampu menepis bola.

Dalam rentang sepuluh menit sejak gol itu, Ederson terhitung melakukan empat penyelamat. Selain Reus, ada juga Erik Durm, Lukas Piszczek, dan terakhir Aubameyang lewat titik putih.

Dortmund Kalah Tipis di Markas BenficaFoto: REUTERS/Pedro Nunes

Dortmund mendapat penalti setelah handball Ljubomir Fejsa tapi sepakan Aubameyang lemah dan mengarah ke pelukan Ederson.

Dortmund Kalah Tipis di Markas BenficaFoto: REUTERS/Pedro Nunes

Setelah kegagalan penalti pada menit ke-58 itu, Aubameyang ditarik keluar untuk digantikan Andre Schuerrle.

Di sisa waktu Dortmund terus menggempur benteng Benfica tapi lagi-lagi ketangguhan Ederson membuat gol gagal tercipta. Hingga akhir pertandingan skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Benfica.

Susunan Pemain

Benfica: Ederson; Semedo, Luisao, Lindelof, Eliseu; Salvio, Fejsa, Pizzi, Carrillo (Augusto 46′); Silva (Cervi 67′), Mitroglou (Jimenez 75′).

Borussia Dortmund: Buerki; Piszczek, Papastathopoulos, Bartra, Schmelzer, Durm; Dembele, Weigl, Guerreiro (Castro 82′); Reus (Pulisic 82′), Aubameyang (Schuerrle 62′).

(mrp/nds)


NO COMMENTS