Jakarta – Benfica akan menjamu Borussia Dortmund di Estadio da Luz dalam laga leg pertama 16 besar Liga Champions. Masing-masing tim punya fakta menarik sebelum saling berhadapan.

Benfica nyaris tersisih di Grup B setelah dalam laga terakhir tumbang 1-2 dari Napoli (juara Grup B) di Estadio da Luz. Beruntung, Besiktas yang punya tujuh poin dan merupakan pesaing terberat karena hanya tumbang satu poin, juga menelan kekalahan saat bertamu ke Dynamo Kyiv (0-6).

Lolos ke babak 16, Benfica harus berhadapan dengan Dortmund. Klub asal Jerman tersebut berhasil keluar sebagai jauar Grup F dengan 14 poin, mengungguli Real Madrid yang punya 12 poin.

Meski hanya berstatus sebagai runner-up, klub berjuluk The Eagles ini punya modal bagus jelang laga. Mereka berhasil unggul 3-0 melawan Arouca di Liga Portugal. Sementara itu Dortmund mengalami situasi yang sebaliknya, tunduk 1-2 dari Darmstadt di Bundesliga.

Berikut adalah data dan fakta lainnya jelang laga Benfica vs Dortmund yang dimuat Sofa Score:

– Dortmund berhasil menyingkirkan Benfica dari ajang Liga Champions 1963-1964 di putaran pertama. Mulanya Die Borussen tumbang 1-2 di leg pertama, tapi di leg kedua Dortmund berhasil membalas dengan kemenangan 5-0 di Jerman. Laga itu juga jadi satu-satunya pertemuan kedua tim.

– Benfica cuma unggul satu kali, lima sebanding, dan sembilan kali tumbang dari 15 pertemuan terakhir melawan klub asal Jerman di Liga Champions. Satu-satunya Kemenangan didapat melawan Kaiserslautern pada November 1998.

– Musim ini membubuhkan keberhasilan Benfica melaju ke babak knock-out Liga Champions selama dua musim berturut-turut. Catatan ini belum pernah meraka capai sebelumnya.

– Dortmund selalu lolos ke babak knock-out Liga Champions dengan status juara grup dalam empat partisipasi terakhir mereka. Namun, Dortmund sudah tumbang enam kali dari delapan pertandingan di babak sitem gugur.

– Sementara itu, Benfica hanya sekali tumbang dari penampilan di fase gugur Liga Champions (W3 D3). Satu-satunya kekalahan itu diderita ketika melawan The Blues di Maret 2012 (0-1).

– Borussia Dortmund mencetak 21 gol di babak grup musim ini. Jumlah itu jadi rekor baru sepanjang babak grup Liga Champions, sementara itu Benfica kemasukan 10 gol. Angka yang bikin Benfica sejajar dengan Manchester City dan Real Madrid sebagai kontestan di 16 besar musim ini yang paling banyak kemasukan.

(din/krs)


NO COMMENTS