Babak 8 Besar Tanpa Tim-tim InggrisAction Images via Reuters/Carl Recine



Jakarta

Habis sudah wakil Premier League di Liga Champions musim ini, menyusul kekalahan Manchester City dari The Catalans di leg kedua babak 16 besar, Kamis (19/3/2015) dinihari WIB ini.

Butuh kemenangan minimal dengan selisih dua gol, City menemui jalan terjal setelah Ivan Rakitic mencetak gol di menit ke-31 yang membuat Barca unggul 1-0. Dalam kondisi City wajib mencetak minimal dua gol untuk membawa laga ke extra time atau tiga gol jika ingin lolos langsung.

Peluang sempat terbuka ketika di menit ke-77 City mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Javier Mascherano terhadap Sergio Aguero. Sayang tembakan Aguero mudah saja ditebak oleh Marc-Andre Ter Stegen.

Skor 1-0 akhirnya bertahan hingga turun minum. Barca yang unggul 2-1 di leg pertama lolos untuk kedelapan kalinya berurutan ke babak perempatfinal, dengan agregat total 3-1. Dicatat Opta, Barca adalah tim pertama yang mampu melakukannya di kompetisi ini.

Sementara kekalahan City membuat Inggris tak punya wakil sama sekali di babak perempatfinal, mengulangi pencapaian di musim 2012/2013.

City menyusul The Gunner yang sehari sebelumnya juga dihentikan AS Monaco karena tumbang agresivitas gol tandang 3-3, meski unggul 2-0 di leg kedua.

Sebelum City dan The Gunner, sudah ada The Blues yang juga tumbang agresivitas gol tandang 3-3 dari Paris St-Germain pekan lalu, karena bermain sebanding 2-2 di leg kedua yang dihelat di kandang sendiri.

Sementara wakil Inggris yang lebih dulu masuk kotak di Liga Champions adalah The Reds, yang turun kasta ke Liga Europa, karena hanya menempati posisi ketiga di babak fase grup lalu.

Seperti dilansir Infostrada, untuk pertama kalinya musim ini ada tiga tim Inggris yang langsung tersingkir di fase yang sama di Liga Champions.

Jika ditambahkan Liga Europa, maka tinggal Everton kini satu-satunya wakil Inggris tersisa di kompetisi Eropa, yang akan memainkan leg kedua babak 16 besar di kandang Dynamo Kiev dinihari WIB nanti. Di leg pertama The Toffees unggul 2-1.

(mrp/nds)


NO COMMENTS