Jakarta – Setelah libur dua bulan, Liga Champions 2016-17 bergulir dengan memasuki babak 16 besar. Setidaknya ada tiga pertandingan seru di fase knockout pertama.

Sebanyak 16 tim yang terdiri atas tim yang menempati dua posisi teratas babak grup menjadi kontestannya. Kejutan terbesar datang dari Grup F di mana sang juara bertahan Real Madrid menjadi runner-up di bawah Borussia Dortmund.

Nasib serupa diterima Bayern Munich usai menyudahi di belakang Atletico Madrid. Hasil tersebut ikut memengaruhi skenario undian babak 16 besar, yang telah dilakukan pada akhir tahun lalu.

Beberapa tim akan saling berhadapan dengan lawan yang familiar, namun niscaya tidak akan mengurangi panasnya tensi pertandingan. Mereka adalah The Catalans, Paris St. Germain, Bayern Munich, dan The Gunner. Sedangkan Madrid akan melakoni laga tricky melawan Napoli.

Tepat di Valentine’s Day [Hari Kasih Sayang], dua partai akan membuka leg pertama babak 16 besar. Dortmund akan melawat ke Benfica dan PSG menjamu The Catalans.

PSG dan The Catalans akan berjumpa untuk ketujuh kalinya saat bertanding di Parc des Princes, Rabu (15/2) dinihari WIB. Tantangan besar bagi Les Parisiens mengingat El Barca selalu sukses menjadi batu sandungan bagi mereka.

Dalam enam pertemuan kedua tim, PSG hanya sekali unggul yang terjadi di babak grup 2014-15 dengan skor 3-2. Lima laga sisanya, berakhir dengan tiga kekalahan dan sekali sebanding dan PSG dua kali disingkirkan Los Cules di perempatfinal.

Big match lainnya menghadirkan duel Bayern melawan The Gunner di Allianz Arena, Kamis (16/2) dinihari WIB. Bayern Munich memenangi tiga dari enam perjumpaannya dengan wakil Inggris itu sekaligus dua kali menyingkirkan mereka di babak 16 besar.

Akan tetapi, Bayern — tidak bisa dipungkiri — tampil kurang meyakinkan dalam arahan Carlo Ancelotti. Kesempatan bagi The Gunners untuk memperbaiki rekor buruknya.

Di saat yang sama Madrid akan menguji Napoli di Santiago Bernabeu. Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua kesebelasan. Sekalipun Los Blancos lebih diunggulkan, Napoli tidak layak dipandang sebelah mata mengingat mereka sedang dalam laju tak terkalahkan dalam 18 pertandingan di semua kompetisi.

Empat pertandingan sisa akan dimainkan sepekan berikutnya. Juara bertahan Premier League Leicester City mendapatkan pertanyaan besar ketika berhadapan dengan tim Spanyol yang sedang oke, Sevilla. Mengingat performa buruk Leicester tengah jelek-jeleknya di liga.

Rancangan Babak 16 Besar Liga Champions *

Leg I
Rabu (15/2)
Benfica vs Borussia Dortmund
PSG vs The Catalans

Kamis (16/2)
Real Madrid vs Napoli
Bayern Munich vs The Gunner

Rabu (22/2)
Manchester City vs Monaco
Bayer Leverkusen vs Atletico Madrid

Kamis (23/2)
Porto vs Juventus
Sevilla vs Leicester City

Leg II
Rabu (8/3)
Napoli vs Real Madrid
The Gunner vs Bayern Munich

Kamis (9/3)
Dortmund vs Benfica
The Catalans vs PSG

Rabu (15/3)
Juventus vs Porto
Leicester City vs Sevilla

Kamis (16/3)
Monaco vs Manchester City
Atletico Madrid vs Bayer Leverkusen


*) WIB

(rin/din)


NO COMMENTS