Jakarta – Separuh leg pertama babak 16 besar Liga Champions tuntas dihelat. Di empat laga awal leg pertama, empat tim yang lolos sebagai juara grup takluk semua.

Tren itu diawali dalam dua partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (15/2/2017) dinihari WIB, antara Benfica versus Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain lawan Barca.

Dortmund, yang lolos ke babak ini sebagai juara Grup F, tunduk 0-1 ketika dijamu Benfica yang di fase grup lalu menjadi runner-up Grup B.

Secara bersamaan, Barca yang cuma kebobolan empat gol dalam lajunya menjuarai Grup C lalu harus menyerah 0-4 ketika dijamu Paris Saint-Germain yang menyandang runner-up Grup A.

Setelah itu, Kamis (16/2/2017) dinihari WIB, giliran Real Madrid yang menjamu Napoli dan Bayern Munich yang kedatangan The Gunner untuk melanjutkan tren sehari sebelumnya.

Napoli, si juara Grup B, takluk 1-3 dari Madrid yang di klasemen akhir Grup F lalu finis pada posisi dua. Pada saat yang sama The Gunner (juara Grup A) dilumat 1-5 oleh Bayern (runner-up Grup D).

Maka jadilah seluruh keempat tim tuan rumah di partai awal leg pertama babak 16 besar ini, dengan empat partai berikutnya dimainkan pekan depan, meraih kemenangan. Artinya pula para runner-up (sementara) berjaya atas juara grup.

“Skor sementara” sejauh ini adalah 13-2 buat tim-tim runner-up atas para juara grup. Tentu, sekali lagi, masih ada tengah pekan depan untuk menantikan bagaimana hasil dalam empat pertandingan leg pertama yang lainnya.

Membandingkan Hasil Dua Musim Sebelumnya

Tren yang terlihat di empat laga awal leg pertama babak 16 besar Liga Champions sejauh ini boleh jadi mencerminkan betapa sengit dan meratanya kekuatan antartim, sampai-sampai status juara bertahan/runner-up grup tak jadi jaminan.

Yang menarik adalah bahwa dalam dua musim sebelum ini, di empat pertandingan awal partai leg pertama 16 besar, sebenarnya ada saja minimal satu tim juara grup yang berhasil meraih kemenangan atas lawannya.

Simak catatan empat partai awal leg pertama 16 besar berikut:

2014-15
Laga leg pertama 16 besar dimainkan pada 17, 18, 24, dan 25 Februari.

Paris Saint-Germain 1–1 The Blues (17 Februari)
Shakhtar Donetsk 0–0 Bayern Munich (17 Februari)
Schalke 04 0–2 Real Madrid (18 Februari)
Basel 1–1 Porto (18 Februari)

Juara grup: The Blues, Bayern Munich, Real Madrid, Porto

2015-16
Laga leg pertama 16 besar dimainkan pada 16, 17, 23, dan 24 Februari.

Paris Saint-Germain 2–1 The Blues (16 Februari)
Benfica 1–0 Zenit Saint Petersburg (16 Februari)
Roma 0–2 Real Madrid (17 Februari)
Gent 2–3 Wolfsburg (17 Februari)

Juara grup: The Blues, Zenit Saint Petersburg, Real Madrid, Wolfsburg

Mari kita tunggu bagaimana kelanjutan duel tim-tim juara grup lawan para runner-up grup di partai leg pertama babak 16 besar musim ini, dengan empat duel itu dimainkan pada 21 dan 22 Februari mendatang — waktu setempat masing-masing.

(krs/fem)


NO COMMENTS