Jakarta – Barca secara resmi mendatangkan pemain muda The Gunner yang berasal dari Inggris, Marcus McGuane pada bursa musim dingin ini. Dia jadi sedikit pemain Inggris yang berseragam Barca.

Nama McGuane terbilang asing buat publik Indonesia. Berposisi sebagai pemain tengah, dia bukan pemuda yang menonjol hingga dibicarakan secara luas oleh fans sebagai wonderkid atau calon pemain berbakat.

Pesepakbola 18 tahun itu hanya dua kali merasakan bermain di tim senior The Gunners ketika menghadapi Red Star Belgrade dan BATE Borisov musim ini di ajang Liga Europa. Menurut Squawka, dia hanya tampil 15 menit secara total di tim senior The Gunner.

Meski begitu, kiprah McGuane di level muda terbilang cukup apik. Dia berada di akademi The Gunner sejak masih bocah yakni 6 tahun. Menjadi kapten ketika di level U-18, dan langganan starter di U-23. Demikian dikutip dari Squawka.

Barca secara mengejutkan mendatangkan sang pemain secara permanen dengan kontrak tiga tahun dan klausul jual mencapai 25 juta euro. Dia direncanakan masuk ke Barca B terlebih dahulu, dan menjadi satu-satunya pemain Inggris di Barca B saat ini.

“Mimpi yang menjadi kenyataan. Hari ini saya bergabung dengan tim terbesar di dunia dan akan mulai bekerja. Sekarang saya siap untuk tantangan dan karier baru,” tulis McGuane di akun twitternya.

“Terima kasih untuk klub yang sudah saya perkuat sejak enam tahun. Saya memiliki banyak kenangan indah di The Gunner, dan berterima kasih untuk semua staf serta pemain yang pernah bekerja bersama. Sedih rasanya harus pergi, tapi The Gunner akan selalu berarti,” tambah dia.

McGuane menjadi satu dari sedikit pemain Britania Raya yang memperkuat di Barca. The Catalans pernah memboyong pesepakbola bernama besar dari Inggris yakni Gary Lineker dan Mark Hughes.

Namun hanya Lineker yang terbilang sukses dengan 42 gol pada periode 1986-89, dia juga memenangi Winners Cup dan Piala Liga kala itu. Sementara Hughes kesulitan hingga akhirnya dipinjamkan ke Bayern Munich.

Pembelian terakhir Barca terhadap pemain Inggris terjadi pada 2017 lalu. Tapi itu terjadi untuk tim wanita, saat Blaugrana mengontrak Toni Duggan dari Manchester City.

Apakah McGuane bisa mengikuti jejak sukses Lineker? Atau justru bernasib seperti Hughes?

(din/raw)



NO COMMENTS