Barca – Barca relatif mendominasi dalam satu dekade terakhir. Sukses yang diraih Barca selama ini tidak lepas dari pengaruh besar megabintangnya, Lionel Messi.

Messi, 30 tahun, memulai debutnya di skuat senior Barca pada 2004/05. Namun, sinar Messi baru benar-benar terang ketika Los Cules ditangani Josep Guardiola dimulai pada 2008/09, di mana dia mencetak 38 gol yang membantu timnya menyapu bersih enam piala.

Sejak musim terobosan itu, Messi mampu menjaga konsistensinya yang berimbas pada keberhasilan Barca meraih sederet gelar juara. Hingga kini, Messi tidak pernah gagal mencetak paling tidak 40 gol di setiap musim dan sudah melewati rekor 500 gol bersama Blaugrana.

Di musim ini, Messi telah memberikan 27 gol dalam 32 penampilan di seluruh kompetisi. Sebanyak 20 gol dicetak Messi di La Liga saja, yang menempatkan Barca di posisi terdepan untuk meraih gelar juara dengan keunggulan 11 poin dari musuh terdekat, Atletico Madrid.

“Kunci generasi terbaik Barca adalah Leo. Kami semua cuma mengikuti dia,” ungkap Pique, sebagaimana dilansir Soccer Way.

“Kalau ada seseorang yang sangat penting untuk semua gelar yang kami raih maka dia adalah Leo. Kami mencoba membantu dia karena dia butuh sebuah tim yang kompetitif untuk memenangi banyak gelar juara.”

Copa del Rey menjadi kompetisi lain yang berpeluang besar dimenangi Barca. Messi cs akan menjamu Valencia di semifinal leg I, Kamsi (1/2/2018).

()



NO COMMENTS