Jakarta – Sejauh ini Barca masih berderap kencang menuju takhta juara La Liga dan tampak akan demikian pula di jornada ke-29. Bisakah rival-rivalnya terus membayangi?

Barca menjadi satu-satunya tim La Liga musim ini yang belum terkalahkan sampai dengan jornada ke-28. Blaugrana bercokol di puncak klasemen dengan raihan 72 poin berkat 22 kemenangan dan enam hasil seri.

Akhir pekan ini Barca akan menjamu Athletic Bilbao di Camp Nou, Minggu (18/3/2018). Menilik kecenderungan kedua tim, sulit membayangkan Lionel Messi cs akan teredam.

Faktor pertama adalah bahwa Barca bahkan mampu meraih kemenangan dengan skor 2-0 saat melawat ke markas Bilbao pada bulan Oktober lalu. Kedua, Bilbao cuma meraih tiga kemenangan, lima seri, dan tiga kekalahan sejak pergantian tahun. Saat ini Bilbao pun cuma bisa berada di posisi ke-12 papan klasemen dengan 35 poin, alias tak sampai separuh dari pencapaian poin Barca.

Selain itu, Barca juga senantiasa mampu mengalahkan Bilbao dalam pertemuan di ajang La Liga semenjak kekalahan 0-1 pada 1 Desember 2013 silam. Delapan kemenangan dirangkai Barca atas Bilbao di La Liga dalam periode ini.

Dengan Barca kemungkinan besar akan menyudahi jornada ini dengan angka maka praktis tinggal menanti bagaimana Atletico Madrid dan Real Madrid, selaku dua tim musuh terdekat, menjalani pertandingannya.

Atletico saat ini berada di posisi kedua dengan 64 poin alias sudah ketinggalan delapan angka dari Barca. Kehilangan poin lagi di sisa musim jelas bukanlah pilihan jika hendak terus membayangi si pemuncak klasemen.

[Gambas:Sportradar]

Sial untuk Atletico, jornada ini justru menghadirkan laga tricky karena lawannya adalah tim urutan enam Villarreal yang main di kandang sendiri. Pada pertemuan pertama musim ini, Los Colchoneros pun diimbangi Villarreal 1-1 di Wanda Metropolitano.

Di atas kertas, situasi Real Madrid yang menempati posisi ketiga pun juga tak mudah. Saat ini 57 poin El Real bukan cuma sudah terpaut cukup jauh dari Barca (15 poin), melainkan juga tujuh angka dari Atletico. Sang juara bertahan malahan sudah dipepet oleh tim posisi keempat Valencia, yang sejauh ini telah memiliki raihan 56 angka.

Sudah begitu, lawan Madrid pada jornada ini pun tak bisa dipandang sebelah mata. Girona, tim urutan ketujuh, mampu unggul 2-1 atas Madrid dalam pertemuan pertama kedua tim di La Liga pada 29 Oktober lalu.

——-

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini


(krs/fem)



NO COMMENTS