Jakarta – Kontrak baru Lionel Messi juga membuatnya mendapat kenaikan gaji, melebihi Cristiano Ronaldo. Tapi bagaimana jika dibandingkan dengan atlet papan atas lainnya?

Messi meneken pembaruan kontrak yang akan mengikatnya di Barca hingga 2021. Kontrak baru tersebut juga memasukkan klausul rilis sebesar 264 juta pounds (Rp 4,5 triliun).

Angka tersebut menjadikan Messi sebagai pemain Barca dengan klausul rilis tertinggi, menggeser Neymar yang punya klausul rilis 210 juta pounds (Rp 3,6 triliun).

Tapi mereka masih tumbang dari trio Real Madrid. Gareth Bale, Ronaldo, dan James Rodriguez berturut-turut punya klausul rilis 900 juta pounds (Rp 15,5 triliun), 700 juta pounds (Rp 12,1 triliun), dan 426 juta pounds (Rp 7,3 triliun).

Sementara itu, bicara soal gaji, Messi akan mendapatkan 500 ribu pounds per pekan (Rp 8,6 miliar). Itu berarti Messi akan mendapat gaji yang lebih besar daripada rivalnya, Ronaldo. Ronaldo digaji 424 ribu pounds per pekan (Rp 7,3 miliar) oleh Madrid.

Meski demikian, gaji Messi masih tumbang besar dari dua pesepakbola Argentina lainnya yang saat ini sama-sama merumput di Liga China, Carlos Tevez dan Ezequiel Lavezzi.

Tevez mendapat 634 ribu pounds per pekan (Rp 10 miliar) dari Shanghai Shenhua. Sementara Lavezzi yang memperkuat Hebei China Fortune bergaji tertinggi sebesar 798 ribu pounds (Rp 13,8 miliar) per pekan.

Jika dibandingkan dengan atlet lainnya, gaji Messi juga masih lebih kecil daripada bintang Golden State Warriors, Stephen Curry. Point guard Warriors itu gaji mendapat 648.877 pounds (Rp 11,2 miliar) per pekan.

Stephen Curry (Foto: Getty Images/Rob Carr)

Sama seperti Messi, Curry juga baru saja menyepakati kontrak baru dengan Warriors. Nilai kontrak baru Curry memecahkan rekor dengan menembus angka 201 juta dollar AS (Rp 2,6 triliun).

Bagaimana dengan pebalap Formula 1? Fernando Alonso yang merupakan driver McLaren Honda merupakan atlet bergaji tertinggi sebesar 645.294 ribu pounds (Rp 11,1 miliar) per pekan.

Namun angka-angka tersebut masih tumbang jauh dari uang yang didapat Floyd Mayweather lewat duelnya dengan Manny Pacquiao pada 2015 lalu. Dari pertarungan itu, Mayweather mendapat 230 juta pounds. Jika dirata-rata, Mayweather mendapat sekitar 4,9 juta pounds (Rp 85,7 miliar) per menit!

(nds/din)


NO COMMENTS