Jakarta – Real Madrid dan The Catalans akan bersaing memperebutkan gelar juara La Liga di jornada terakhir. Ini syarat yang harus mereka penuhi untuk bisa menjuarai La Liga.

Dengan situasi terkini El Real tentu ada di atas angin untuk tampil sebagai kampiun La Liga 2016-17. Itu dikarenakan Madrid memuncaki klasemen dengan keunggulan tiga angka atas El Barca.

[Gambas:Sportradar]

Itu artinya Madrid cuma butuh minimal hasil seri ketika dijamu Malaga di Estadio La Rosaleda, Senin (22/5/2017) dinihari WIB, karena dengan begitu saja pencapaian poinnya dipastikan tak terkejar.

[Gambas:Sportradar]

Dengan gambaran tersebut lantas bagaimana The Catalans bisa juara? Peluang tetap ada karena Barca punya keungulan head to head atas Madrid (1-1 di Camp Nou dan unggul 3-2 di Santiago Bernabeu).

Maka Blaugrana pertama-tama harus bisa memenangi pertandingannya sendiri, lawan Eibar, Senin (22/5) dinihari WIB, seraya berharap Madrid takluk dalam pertandingannya.

[Gambas:Sportradar]

Jika skenario di atas terwujud maka kedua tim punya poin setara, tapi Barca berhak jadi juara berkat keunggulan head to head atas Madrid.

Dalam aturan penghitungan posisi La Liga, jika dua tim punya poin sama maka yang dirujuk lebih dulu adalah head to head tim yang terlibat — hasil dan selisih gol dari duel mereka. Setelah itu baru selisih gol secara keseluruhan.

Secara garis besar, ini syarat yang diperlukan kedua tim untuk menjuarai La Liga:

Buat Madrid untuk juara

– Unggul atau seri versus Malaga
– Barca gagal mengalahkan Eibar

Buat Barca untuk juara

– Unggul versus Eibar dan Madrid takluk

[Agenda Liga Spanyol Pekan Ini]

(krs/raw)


NO COMMENTS