Jakarta – Untuk kali kedua secara berturut-turut Barca tertahan di ajang La Liga. Di tambah kekalahan pertama pada medio Januari lalu, apakah The Catalans mulai menurun?

Dinihari tadi Barca cuma bisa bermain sebanding 0-0 saat berhadapan dengan Getafe. Ada catatan buruk dibuat Barca karena inilah untuk kali pertama di La Liga 2017/2018 mereka gagal mencetak gol.

Hal lainnya, ini adalah kali kedua secara berturut-turut Barca gagal unggul di La Liga. Pekan lalu Lionel Messi dkk juga terhadang dalam upayanya meraih poin maksimal ketika dihadang Espanyol 1-1.

El Barca memang masih duduk di puncak klasemen dan belum terkalahkan di liga. Tapi selisih mereka dengan Atletico Madrid hanya tersisa 7 poin, jumlah yang masih sangat mungkin terkejar. Haruskah Barca mulai khawatir?

Sepanjang 12 laga yang dijalani Barca pada tahun 2018, mereka sudah tiga kali sebanding (Celta Vigo, Espanyol, dan Getafe). Bahkan kekalahan pertama Barca musim ini datang Januari lalu, ketika takluk 0-1 dari Espanyol di Copa del Rey.

Tapi, apakah performa mereka benar-benar menurun?

Jika dibandingkan dengan 12 laga terakhir di 2017, Barca sebenarnya meraih hasil yang tak jauh beda. Mereka tercatat bermain sebanding empat kali, yakni melawn Olympiakos (0-0), Juventus (0-0), Valencia (1-1), dan Celta (2-2). Sementara delapan sisanya berakhir dengan kemenangan.

Bagaimana dengan urusan produktivitas dan lini benteng?

Tahun ini Barca sudah membuat 26 gol di semua kompetisi, sama dengan jumlah yang mereka dapati pada 12 laga terakhir di 2017.

Jika ada hal yang menurun performanya dari Barca, itu adalah lini belakang. Pun begitu tidak terlalu signifikan.

Di tahun ini Barca sudah bobol 6 kali, berbanding lima gol yang masuk ke gawang mereka pada 12 laga terakhir tahun 2017.

(din/mrp)



NO COMMENTS