Barca – Ditunjuk menjadi pelatih Barca mewujudkan harapan Ernesto Valverde. Valverde sedang mencari tantangan besar dan ingin naik level sebagai entrenador.

Valverde ditunjuk menjadi pelatih Barca pada 29 Mei lalu, menggantikan Luis Enrique yang habis masa kontrak. Mantan pelatih Athletic Bilbao itu diikat dengan kontrak dua musim oleh Blaugrana.

Kesempatan melatih Barca bisa dibilang mimpi yang menjadi nyata untuk Valverde. Pria 53 tahun itu sedang mengidamkan tantangan besar dalam kariernya sebagai pelatih.

Sejak menjadi pelatih tim utama Bilbao pada 2003, petualangan Valverde masih sebatas di tim-tim kecil-menengah seperti Espanyol, Olympiakos, Villarreal, atau Valencia. Maka ketika Barca datang, dia tak berpikir dua kali untuk menerimanya.

“Ketika sebuah tim seperti Barca mengontak Anda, Anda tak perlu berpikir terlalu banyak. Ini adalah tantangan tersulit dalam karier saya tapi juga yang paling menyenangkan. Saya percaya diri,” kata Valverde dikutip Sky Sports.

“Tuntutannya sangatlah tinggi dan hanya dengan melihat ke museum klub saya memahami tekanan yang saya punya. Dan hasil-hasil yang diraih para pendahulu saya sangatlah tinggi, para pelatih hebat dalam sejarah sepakbola.”

“Saya menginginkan sebuah tantangan yang sulit dan tentu saja ini adalah salah satu yang terbesar. Saya tak ragu akan hal itu,” imbuhnya.

Sebagai pelatih, Valverde menjadi juara di Liga Yunani bersama Olympiakos, meraih lima gelar domestik selama tiga tahun dalam dua periode di sana. Dia juga memenangi Piala Super Spanyol bersama Bilbao, lalu mengantarkan Espanyol menjadi runner-up Piala UEFA (sekarang Liga Europa) di 2006/2007.

(raw/mfi)


NO COMMENTS