Dortmund – Borussia Dortmund bertarung sampai adu penalti untuk menyisihkan Hertha Berlin. Meski penyelesaian akhir Dortmund kurang oke, tapi kemenangan ini pantas diraih.

Dortmund mengalahkan Hertha lewat adu penalti 3-2 usai berimbang 1-1 hingga extra time di babak 16 besar DFB-Pokal di Signal Iduna Park, Kamis (8/2/2017) dinihari WIB. Tim tamu memimpin lebih dulu lewat gol Salomon Kalou di babak pertama, lalu disamakan Marco Reus di awal babak kedua.

Di sisa waktu pertandingan, Dortmund mengendalikan permainan. Statistik ESPNFC mencatat, Die Borussen dominan dengan 69% penguasaan bola dan 14 percobaan (7 on target), sedangkan Hertha hanya membuat delapan percobaan (3 on target).

Namun, tidak ada gol yang mampu diciptakan Dortmund sehingga laga berlanjut sampai babak tambahan waktu dan diteruskan adu penalti. Pemain pengganti Gonzalo Castro menentukan kemenangan tim tuan rumah dengan penaltinya, usai tembakan Kalou sebagai penendang kelima Hertha melambung di atas mistar.

Pelatih Dortmund Thomas Tuchel menyayangkan kegagalan timnya untuk menghabisi pertandingan. Akan tetapi, Dortmund dinilainya pantas lolos karena bermain lebih baik.

“Pujian untuk (penjaga gawang) Roman Buerki,” ujar Tuchel di Soccer Way. “Dia bagus di setiap penalti. Penalti dari Gonzo (Gonzalo Castro) yang membuat kedudukan 3-2 sangat penting. Setelahnya, rasanya sangat baik.”

“Kami memiliki banyak sekali peluang. Saya tidak menduganya. Kami saat ini berdiri dengan karisma yang sangat baik, semangat dan kualitas yang bagus di atas lapangan. Tapi kami lagi-lagi kurang bagus di penyelesaian akhir, pukulan terakhir, untuk menentukan pertandingan.”

“Pada akhirnya, ini adalah sebuah kemenangan yang layak,” lugas Tuchel.

(rin/cas)


NO COMMENTS