Munich – Carlo Ancelotti mengiyakan kalau dia kehilangan sosok Xabi Alonso. Maka dari itu Bayern Munich pun mendatangkan Corentin Tolisso sebagai penggantinya.

Alonso memutuskan pensiun ketika kontraknya bersama Bayern tuntas musim panas ini. Meski sudah berumur 35 tahun, Alonso tak dipungkiri adalah kunci permainan Bayern di lini tengah dengan umpan-umpan panjang yang akurat plus menjaga keseimbangan antara lini bertahan serta menyerang.

Kehilangan Alonso tentu jadi kerugian bagi Bayern yang lantas langsung bergerak cepat dengan mencari pengganti pemain asal Spanyol. Hasilnya didapat ketika Bayern Munich harus mengeluarkan dana 41,5 juta euro untuk memboyong pemain tengah muda Lyon, Corentin Tolisso.

Nama Tolisso meroket musim lalu setelah performa okenya bareng Lyon. Dia bikin 14 gol dan tujuh assist dari 47 penampilan musim lalu.

Menurut catatan Whoscored, Tolisso memang menonjol dalam hal passing, umpan terobosan, dan bagaimana dia menguasai bola dari gangguan lawan-lawannya. Rata-rata Tolisso melepas 62 umpan per laga dengan akurasi 83,6 persen dan 2,6 umpan panjang per laga.

Meski aspek bertahan adalah salah satu kelemahan yang harus diperbaiki karena hanya bikin rata-rata 1,8 tekel per pertandingan. Tapi itu tak mengurangi menghargai Ancelotti atas kemampuan Tolisso yang dianggap bisa jadi penerus Alonso.

“Tolisso adalah pemain tengah yang sangat bagus menurut kami. Dia adalah salah satu pemain tengah terbaik yang ada saat ini,” ujar Ancelotti seperti dikutip Soccerway.

“Dia itu pemain tengah yang lengkap, punya passing bagus, bisa menyerang, punya penempatan posisi bagus saat bertahan, dan menurut saya dia masih bisa berkembang lebih jauh lagi,” sambungnya.

“Dia masih muda, dia tampil bagus di Lyon, tapi saya rasa dia bisa lebih baik bersama kami. Dia akan melengkapi lini tengah kami.”

“Saya rasa Tolisso juga pantas menggantikan pemain seperti Alonso,” tutupnya.

(mrp/mrp)


NO COMMENTS