Berlin – Astoria Walldorf baru tersisih dari DFB-Pokal. Tapi ada pula sejarah tersendiri dari pertandingan klub divisi empat Jerman itu.

Klub yang berdiri pada 15 Februari 1995 tersebut tunduk 4-5 dalam drama adu penalti lawan Arminia Bielefeld, klub 2. Bundesliga, di partai babak 16 besar DFB-Pokal di tengah pekan.

Sejarah yang disebut-sebut di awal tadi dibuat Astoria Walldorf ketika memasukkan Benjamin Hoffmann di extra time time. Di kompetisi Jerman, Hoffman menjadi pemain pertama yang masuk sebagai pemain pengganti keempat sedangkan Astoria Walldorf menjadi klub pertama yang menggunakan pergantian tersebut.

Seperti diketahui, saat ini peraturan sepakbola memberlakukan tiga pergantian pemain untuk masing-masing tim dalam pertandingan resmi, kendatipun wacana pergantian keempat telah bergulir.

Bulan Desember lalu Federasi Sepakbola Jerman (DFB) mengumumkan bahwa klub-klub di DFB-Pokal akan bisa melakukan pergantian keempat di extra time, sebagai bagian dari wacana perubahan terhadap peraturan saat ini.

“Saya pikir itu ide bagus. Kalau ada sesuatu yang terjadi di extra time, semisal cedera pemain, ini bisa berpengaruh ke pertandingan kalau Anda sudah membuat tiga pergantian,” kata Chairman Asosiasi Klub Eropa Karl-Heinz Rummenigge kepada Bild.

International Football Association Board (IFAB), selaku otoritas penentu aturan dari permainan sepakbola di seluruh dunia, saat ini sedang membahas hal tersebut. Maret tahun lalu, IFAB juga menyetujui pergantian pemain keempat di extra time dalam partai sepakbola Olimpiade Rio 2016. Berikutnya pergantian pemain keempat juga diperbolehkan di Piala FA pada babak perempatfinal dan seterusnya. Demikian diwartakan ESPNFC.

(krs/raw)


NO COMMENTS