Munich – 2016-17 akan menjadi musim terakhir Philipp Lahm. Kapten Bayern Munich itu menyatakan, akan gantung sepatu di akhir musim, setahun sebelum kontraknya habis.

Lahm, 33 tahun, telah tampil di 501 pertandingan untuk Bayern sejak debut pada 2002. Produk tim junior Bayern Munich itu terus bermain di level tertinggi dan menjadi salah satu full-back terbaik di dunia di lebih dari satu dekade terakhir.

Selama berseragam Bayern, Lahm telah meraih sederet gelar termasuk tujuh titel juara Bundesliga, enam trofi DFB-Pokal, satu Liga Champions. Dia juga memimpin timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014, sebelum mundur dari sepakbola internasional usai turnamen berakhir.

“Aku akan mengakhiri karierku di akhir musim,” ucap Lahm, usai Bayern mengalahkan Wolfsburg di babak 16 besar DFB-Pokal. “Aku sudah menyatakan keputusanku kepada klub.”

“Aku masih bisa terus main dengan gaya kepemimpinanku, memberikan yang terbaik setiap harinya, di setiap latihan, sampai akhir musim. Aku bisa meneruskannya sampai musim ini, tapi tidak setelahnya,” kata dia, yang dilansir Reuters.

Dia menambahkan, tidak akan mengambil posisi sebagai direktur Bayern seperti yang dirumorkan sebelumnya. “Memang sempat ada pembicaraan, dan pada akhirnya aku memutuskan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat bagiku untuk menduduki sebuah posisi di Bayern.”

Lahm masih berpeluang menambah koleksi medali juaranya sebelum pensiun. Seiring sukses Bayern lolos ke perempatfinal DFB-Pokal, memuncaki klasemen Bundesliga, dan masih bertahan di Liga Champions di mana mereka akan berhadapan dengan The Gunner di babak knockout pertama.

Selain Lahm, Bayern turut berpeluang kehilangan pemain tengah senior Xabi Alonso. Pemain Spanyol itu belum lama ini turut dilaporkan akan pensiun usai kontraknya berakhir di musim panas.

[Baca Juga: Xabi Alonso Akan Pensiun di Akhir Musim?]

(rin/cas)


NO COMMENTS