Jakarta – Dalam 10 hari ke depan akan ada total 27 partai Bundesliga. Dua di antaranya merupakan derby megah; Revierderby akhir pekan ini lalu Der Klassiker akhir pekan depan.

Sudah 25 pekan Bundesliga berjalan. Artinya tinggal tersisa seperempat jalan lagi sampai kompetisi level tertinggi Jerman itu tuntas dihelat.

Sejauh ini puncak klasemen masih ditempati Bayern Munich dengan 62 poin, unggul 13 angka dari RB Leipzig di posisi dua dan 16 poin dari Borossia Dortmund di posisi tiga.

Hal itu memperlihatkan betapa Bayern sedang melaju kencang ke takhta Bundesliga, membuat duelnya dengan Dortmund dalam sebuah Der Klassiker pada Pekan 28 tanggal 8 April mendatang mungkin takkan berimbas besar pada gelar juara.

Akan tetapi, sebelum sampai ke laga itu masih ada partai-partai Pekan 27 pada tengah pekan dan, secara special, partai Pekan 26 akhir pekan ini yang salah satunya adalah Revierderby atau Derby Ruhr.

[Baca juga: Revierderby dan Mengapa Ia Abadi]

Ini bakal menjadi derby ke-90 antara Schalke dan Dortmund di level tertinggi, dalam rivalitas lokal yang sudah memanjang sedari 1925. Saat ini kedua tim dipisahkan oleh 13 poin –Dortmund di posisi tiga klasemen dan Schalke di posisi sembilan– dan jarak 32 km di wilayah Ruhr yang memisahkan kedua klub tersebut.

Dalam rilis informasi dari Bundesliga.com, Revierderby tercatat sudah menghadirkan sejumlah pertandingan-pertandingan menarik nan menghibur dalam beberapa tahun terakhir.

“Pada Desember 1997, Jens Lehmann dari Schalke menjadi penjaga gawang pertama yang mencetak gol dari permainan terbuka di Bundesliga, ketika sundulannya pada injury time menyamakan skor jadi 2-2.

“Pada September 2008, Dortmund mencetak tiga gol dalam 22 menit untuk bangkit dari ketinggalan 0-3 dalam derby pertama Juergen Klopp menangani Die Schwarzgelben,” sebut informasi itu.

Sebelum jeda internasional lalu Schalke berhasil merangkai dua kemenangan di Bundesliga usai mengalahkan Augsburg dan Mainz tanpa kebobolan satu gol pun. Sedangkan Dortmund unggul 1-0 atas Ingolstadt berkat gol tunggal Pierre-Emerick Aubameyang yang merupakan topskorer sementara Bundesliga.

Dengan kedua tim relatif punya performa bagus, ditambah dengan nuansa rivalitas lokal, ‘Ibu dari segala Derby’ ini tetap menjadi jaminan hadirnya pertandingan seru di Veltins Arena, Sabtu (1/4/2017) besok.

(krs/mrp)


NO COMMENTS