Munich – Philipp Lahm mengaku belum punya rencana apapun setelah pensiun akhir musim ini. Dia masih harus memikirkan secara matang sebelum memutuskannya.

Kapten Bayern Munich itu mengonfirmasi akan gantung sepatu di akhir musim ini, usai kemenangan atas Wolfsburg 1-0 di pertandingan babak 16 besar DFB-Pokal, Rabu (8/2/2017) dinihari WIB. Lahm memutuskan untuk mengakhiri kontraknya setahun lebih awal.

Keputusan Lahm itu lantas mengejutkan pihak Bayern mengingat pemain 33 tahun itu masih punya kontrak hingga Juni 2018 dan sempat berpikir untuk menuntaskan dulu sebelum pensiun.

Bayern yang boleh jadi panik atas berita itu lantas menawarkan jabatan-jabatan penting di level klub termasuk Direktur Sport yang kini masih kosong sepeninggal Mathias Sammer. Ini semua demi menahan kepergian Lahm dari tim Bavaria itu.

Terkait kelanjutan kariernya setelah pensiun, Lahm sendiri belum mau memikirkannya saat ini. Dia butuh waktu untuk mengambil keputusan tersebut.

“Sehari setelah keputusan saya tersebut, saya ingin menjelaskan secara detil soal alasan saya pensiun musim panas ini,” ujar Lahm di akun Twitter-nya seperti dikutip Soccerway.

“Sama seperti saat saya mundur dari tim nasional, saya percaya dengan insting saya. Sebagai kapten, sangat penting bagi saya untuk selalu tampil bagus, dan saya sadar bahwa saya tidak mampu melakukannya lagi setelah musim ini.”

“Saya sudah menjadi pemain Bayern sejak umur 11 tahun. Kecuali saat dua musim bermain di Stuttgart, saya selalu mengenakan seragam FCB. Maka sudah jelas bagi saya untuk tetap bekerja bareng Bayern di masa depan.”

“Seperti Anda semua tahu, saya ini orangnya terencana – itulah mengapa saya ingin mundur selangkah dulu untuk memikirkan lagi sepakbola secara keseluruhan dan berpikir soal bagaimana cara terbaik menggunakan keahlian serta pengalaman saya ini.”

“Saya senang bisa memberitahu soal keputusan saya ini dan memberi kejelasan untuk semua orang.”

“Untuk saat ini fokus saya adalah di laga tersisa musim ini. Tentu saja saya akan lebih antusias menjalani ini lebih dari biasanya, karena tahu ini adalah musim terakhir saya.”

(mrp/krs)


NO COMMENTS