Berlin – Thomas Tuchel bersuka cita dengan sukses Borussia Dortmund sebagai juara DFB-Pokal. Dia membeberkan kunci keberhasilan tersebut.

Dortmund mengunci gelar juara DFB-Pokal setelah menuai kemenangan atas Eintracht Frankfurt dengan skor 2-1 di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (28/5/2017) dinihari WIB. Dua gol Dortmund diceploskan Ousmane Dembele dan Pierre-Emerick Aubameyang. Satu gol balasan Eintracht dicetak oleh Ante Rebic.

Gelar juara DFB-Pokal itu menjadi satu-satunya gelar yang diraih Dortmund musim ini. Dalam persaingan Bundesliga, Die Borussen hanya finis di urutan ketiga, sedangkan di Liga Champions mereka tersingkir di babak perempatfinal.

Tuchel gembira dengan raihan Dortmund itu. Dia sampai menyebut laga final tersebut sebagai penanda saat terbaik dalam karier kepelatihan dia.

“Kami memulai pertandingan dengan jelas, dengan mampu menunjukkan kualitas kami, menciptakan banyak peluang di awal pertandingan dan pantas memimpin pertandingan,” kata Tuchel seperti dikutip situs resmi klub.

“Para pemain Frankfurt tampil luar biasa dengan gagah berani dan percaya diri, serta mampu membuat masalah buat kami. Mereka layak bisa mencetak gol penyama.

“Babak kedua membantu kami. Setelah turun minum kami memulai permainan yang benar-benar baru. Kami bermain bagus di babak kedua, kami pantas untuk unggul lagi dan menciptakan gol lain,” tutur Tuchel.

Tuchel sekaligus mengungkapkan kunci hasil manis di DFB-Pokal dan posisi ketiga liga musim ini. Dia membangun kepercayaan dengan pemain.

“Hari ini adalah hari paling hebat dalam karier kepelatihan saya. Saya rasa sukses yang spesial bisa didapatkan kalau ada koneksi spesial antara pelatih dan para pemainnya. Kami mampu memenuhi tujuan kami dan menorehkan musim ini sebagai musim yang spesial. Itu bisa terjadi kalau ada kepercayaan di antara kami,” jelas dia.

(fem/cas)


NO COMMENTS