Munich – Juara bertahan Bayern Munich meneruskan langkahnya ke babak perempatfinal. Menyusul kemenangan tipis atas Wolfsburg dengan skor akhir 1-0.

Bermain di Allianz Arena, Rabu (8/2/2017) dinihari WIB, kemenangan Bayern ditentukan oleh Douglas Costa. Winger Brasil itu menjadi pembeda setelah mencetak satu-satunya gol di menit 17.

Bayern Munich mendominasi pertandingan dengan menguasai 75% bola dengan menciptakan 17 percobaan (empat mengarah ke gawang). Namun, tidak banyak peluang berarti yang bisa dihasilkan Philipp Lahm dkk.

Sedangkan Wolfsburg membuat tujuh percobaan (tiga mengarah ke gawang). Tim tamu memperlihatkan perlawanannya di akhir pertandingan dengan melahirkan beberapa ancaman berbahaya tapi gagal menghasilkan gol penyama.

Dengan kelolosan ini, Bayern tinggal menunggu lawan di delapan besar. Pengundian akan dilakukan pada malam ini waktu setempat.

Jalannya Pertandingan

Bayern mendominasi penguasaan bola sejak awal. Di menit ketujuh, Douglas Costa mengirim umpan silang ke kotak penalti namun penjaga gawang Koen Casteels meninggalkan sarangnya untuk mencegat bola.

Sebelas menit berselang, Bayern membuka keunggulan 1-0. Menerima sodoran Thiago Alcantara, Doulgas Costa dari sisi tengah luar kotak penalti melepaskan tembakan keras yang mengenai pemain Wolfsburg sehingga bola berbelok menipu Casteels sebelum menembus gawang.

Usai mencetak gol, Bayern semakin dominan dan mencoba menghabisi peluang Wolfsburg secepatnya. Namun hingga babak pertama berakhir skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan ruma tetap bertahan.

Setelah turun minum, Bayern terus menggempur penjagaan Wolfsburg. Umpan silang Douglas Costa menemui Thiago, tapi sundulannya masih melebar tipis. Tidak lama kemudian, winger Brasil itu mendapatkan ruang tembak di sisi kanan penjagaan Wolfsburg tapi sepakannya dari sudut sempit bisa diblok Casteels.

Bayern kesulitan menciptakan peluang. Namun di menit 70, sebuah peluang gagal dimanfaatkan Bayern setelah sundulan Mats Hummels di tiang dekat melebar. Skor masih 1-0.

Memasuki 10 menit terakhir, Wolfsburg lebih agresif melakukan serangan. Pemain pengganti Yunus Malli nyari smenyeimbangkan permainan, setelah tembakan volinya memaksa Manuel Neuer melakukan blocking vital.

Neuer kembali membuat penyelamatan gemilang. Menyusul tembakan keras Daniel Didavi ke arah sudut atas gawang untuk diredam penjaga gawang nomor satu timnas Jerman ini.

Di sisa waktu pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Bayern unggul tipis untuk lolos ke babak selanjutnya.

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Neuer; Lahm, Martinez, Hummels, Alaba; Thiago, Vidal, Alonso (Kimmich 73′); Robben (Coman 89′), Lewandowski, Costa (Renato Sanchez 87′)

WOLFSBURG: Knoche, Gustavo, Rodriguez; Vieirinha, Segun, Arnold, Bazoer (Didavi 76′), Gerhardt; Borja (Malli 46′), Ntep (Gomez 61′)

(rin/mfi)


NO COMMENTS