Hoffenheim – Rentetan tidak terkalahkan Bayern Munich akhirnya berhenti. Bayern menyerah dengan skor akhir 0-1 saat melawat ke markas Hoffenheim dalam lanjutan Bundesliga.

Pada pertandingan di Rhein-Neckar Arena, Rabu (5/4/2017) dinihari WIB, Hoffenheim mendominasi babak pertama. Gol Andrej Kramaric di menit 21 menjadi penentu hasil pertandingan.

Dalam situasi tertinggal, Bayern bermain lebih baik di babak kedua. Sejumlah peluang bagus tercipta, tapi Bayern tidak mampu meruntuhkan penjagaan solid Hoffenheim yang didukung penampilan apik penjaga gawang Oliver Baumann.

Hasil ini membubuhkan kekalahan kedua Bayern di liga setelah sebelumnya tunduk di markas Borussia Dortmund dengan skor serupa November 2016 silam. Kekalahan ini turut menyudahi rentetan tidak terkalahkan Bayern Munich yang berjalan 15 pertandingan.

Meski begitu, Bayern masih nyaman di puncak klasemen dengan perolehan 65 poin, masih unggul 13 poin dari musuh terdekatnya RB Leipzig yang baru akan bertanding Kamis (6/4) dinihari WIB. Sedangkan Hoffenheim tetap di urutan ketiga dengan 51 poin, tertinggal satu angka dari Leipzig dan unggul satu angka dari Dortmund di urutan empat.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit pertandingan berjalan, Hoffenheim menghadirkan ancaman. Dari serangan balik, Andrej Kramaric lolos dari perangkap offside dan berhasil menjangkau kotak penalti Bayern. Saat berhadapan dengan Sven Ulreich, Rafinha melakukan intersepsi untuk menghalau tembakan Kramaric.

Bayern masih sulit keluar dari tekanan Hoffenheim. Di menit kedelapan, Kramaric kembali mengancam gawang Bayern, setelah sepakan mendatarnya ke tiang jauh melebar tipis.

Hanya beberapa saat kemudian, Hoffenheim membuang peluang menciptakan gol. Kerem Demirbay dan Nadiem Amiri menembus penjagaan Bayern tapi saat tinggal berhadapan dengan Ulreich, sepakan Amiri bisa diselamatkan.

Bayern kesulitan membuat peluang. Arturo Vidal menemui umpan silang David Alaba di tiang jauh, meskipun bisa menjangkau bola tapi si pemain tengah tak mampu mengarahkannya ke sasaran.

Hoffenheim akhirnya mendapatkan golnya di menit 21. Kramaric menggiring bola di antara Vidal dan Renato Sanches, sebelum melepaskan tembakan voli keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung Ulreich. Hoffenheim memimpin Bayern 1-0.

Hoffenheim memanfaatkan Bayern yang belum mendapatkan ritme permainannya. Lima menit menjelang waktu normal babak pertama habis, peluang tim tuan rumah kembali tercipta.

Amiri, Sebastian Rudy, dan Kramaric melahirkan kombinasi permainan apik di sisi kiri. Sodoran Kramaric diterima Demirbay di dalam kotak penalti yang diteruskan dengan sepakan ke tiang jauh. Ulreich berjibaku menepis bola.

Bayern akhirnya mendapatkan peluang emas pertamanya di menit 44. Akselerasi Kingsley Coman di sisi kiri diakhiri dengan sodoran pendek yang menemui Robert Lewandowski di depan gawang. Sayangnya, sontekan Lewandowski melambung lalu mengenai mistar gawang.

Bayern mengendalikan tempo permainan di awal babak kedua. Sebuah peluang tercipta di menit 55, setelah sodoran Robben kepada Lewandowski diteruskan dengan tembakan dari tepi kotak penalti Hoffenheim. Oliver Baumann masih bisa menghalaunya untuk menjadikan sepak pojok.

Lima menit kemudian, Baumann melakukan penyelamatan penting untuk meredam serangan Bayern. Lewandowski mengirim umpan terobosan yang diterima Coman. Dalam situasi satu lawan satu, Baumann maju untuk memaksa Coman melakukan tembakan lebih awal sehingga bola meleset.

Setelah cukup lama tertekan, Hoffenheim nyaris menciptakan gol keduanya di menit 67. Dari umpan silang di sisi kiri, bola jatuh di jalur Kramaric yang dikawal dua pemain Bayern. Namun, sepakannya dari jarak dekat malah melambung.

Masuknya Franck Ribery membuat serangan Bayern kian berbahaya. Mendapatkan bola liar di dalam kotak, sepakan Ribery ke sudut bawah gawang diselamatkan Baumann. Kemudian, sepak pojok Alaba disambut Mats Hummels dengan sundulan ke tiang jauh namun Rudy mampu menyapu bola di garis gawang.

Bayern mulai kehabisan waktu. Hoffenheim lebih banyak menumpuk pemainnya di lini belakang demi melindungi keunggulan sembari melakukan serangan balik.

Di masa injury time, kemelut di depan gawang Hoffenheim yang diakhiri dengan sepakan Juan Bernat. Bola membentur dinding hidup Hoffenheim, Xabi Alonso meneruskan dengan sepakan dari luar kotak yang melambung.

Tekanan terus dilancarkan Bayern. Umpan lambung Alonso diteruskan Hummels dengan sundulan yang jatuh di jalur Lewandowski. Striker Polandia itu meneruskannya dengan sepakan kaki kanan dan bola bergulir melenceng tipis dari gawang Hoffenheim setelah ditepis Baumann.

Waktu permainan habis. Hoffenheim berhak atas kemenangan 1-0 dari Bayern.

Susunan Pemain

HOFFENHEIM: Baumann, Huebner, Toljan, Suele, Rudy (Terrazzino 75′), Zuber, Vogt, Demirbay (Schwegler 62′), Amiri, Wagner (Szalai 62′), Kramaric

BAYERN MUNICH: Ulreich, Rafinha, Hummels, Alaba (Bernat 75′), Robben, Xabi Alonso, Javi Martinez, Vidal, Renato Sanches (Ribery 72′), Lewandowski, Coman

(rin/mrp)


NO COMMENTS