Dortmund – Borussia Dortmund berhasil menyenangkan pendukungnya sendiri. Ditantang RB Leipzig, Dortmund unggul tipis 1-0, berkat gol tunggal Pierre-Emerick Aubameyang.

Pada pertandingan di Signal Iduna Park, Minggu (5/2/2017) dinihari WIB, Aubameyang menentukan kemenangan Dortmund lewat golnya yang terlahir di menit 35.

Kemenangan ini membuat Dortmund melesat empat urutan ke urutan ketiga klasemen dengan 34 poin hasil 19 pertandingan. Die Borussen masih tertinggal delapan poin dari Leipzig di urutan kedua, dan 12 poin dari lawan utama sekaligus juara bertahan Bayern Munich di puncak.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup alot dengan banyaknya terjadi pelanggaran. Namun, setelah memasuki setengah jam, Dortmund mendapatkan ritme permainannya sehingga lebih agresif.

Di menit 33, Dortmund melewatkan peluang. Dari umpan silang Ousmane Dembele di sisi kiri penjagaan Leipzig, tandukan Aubameyang melambung jauh di atas mistar.

Gol yang ditunggu-tunggu Dortmund akhirnya tercipta dua menit kemudian. Dembele tampil apik dengan melewati Rani Khedira sebelum melepaskan umpan silang ke tengah kotak. Aubameyang dalam posisi bebas, tanpa ampun menanduk bola untuk menaklukkan penjagaan penjaga gawang Peter Gulacsi. Dortmund 1, Leipzig 0.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Leipzig melakukan intersepsi penting saat Marco Reus lolos dari kawalan. Akan tetapi, saat memasuki kotak penalti Reus bisa diredam.

Memasuki babak kedua, Dortmund membuang peluang berharga. Dari serangan balik, aksi Aubameyang diakhiri dengan umpan mendatar kepada Reus di kotak penalti. Setelah melewati pemain lawan, Reus melakukan penyelesaian yang buruk sehingga bola melenceng jauh.

Peluang lain dari Dortmund di menit 60. Aubameyang melewati Marvin Compper untuk menusuk ke dalam kotak, tapi penyelesaian striker Gabon ini masih terlalu lemah sehingga dengan mudah diselamatkan Gulacsi.

Reus lagi-lagi membuang peluang. Di menit 84, menerima umpan terobosan Reus melepaskan tembakan mendatar yang bergulir ke depan gawang dan keluar. Empat menit kemudian, tembakan Reus mengarah ke penjaga gawang lawan.

Di masa injury time, serangan apik Dortmund diredam Leipzig. Di tiang dekat, Passlack melepaskan tembakan ke gawang yang kosong tapi bek Leipzig mampu menghalaunya.

Detik-detik terakhir, pemain pengganti Palacios Martinez menjebol gawang Dortmund. Namun, hakim garis mengangkat bendera menandakan si pemain offside.

Dortmund tetap meraih angka penuh setelah keunggulan 1-0 bertahan sampai pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

BORUSSIA DORTMUND: Burki; Piszczek, Sokratis, Bartra, Schmelzer (Passlack 85′); Durm, Weigl, Guerreiro (Ginter 77′); Dembele (Pulisic 61′), Aubameyang, Reus

RB LEIPZIG: Gulacsi; Bernardo, Orban, Compper, Halstenberg; Kaiser (Palacios 80′), Keita, Khedira (Upamecan 66′), Ilsanker; Poulsen, Selke (Bur

()


NO COMMENTS