Jakarta – Serie A Italy giornata 13 akhir pekan ini akan dipanaskan dengan laga derby antara AS Roma dan Lazio. Ada pula pertandingan seru antara Napoli dan AC Milan.

Setelah kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018, perhatian akan teralih ke Serie A akhir pekan ini. Akan ada laga sengit antara dua tim ibu kota di Stadion Olimpico, Minggu (19/11/2017) dini hari WIB.

Terlepas dari posisi kedua tim di klasemen, pertandingan Derby della Capitale selalu berjalan panas. Kini Roma dan Lazio sedang bersaing ketat di klasemen, laga akhir pekan nanti pun dipastikan akan berlangsung lebih sengit.

Lazio sedikit unggul di klasemen dengan 28 poin dari 11 laga dan duduk di urutan empat. Sementara Roma tepat berada satu tingkat di bawahnya dengan selisih satu poin. Baik Roma maupun Lazio sama-sama punya satu pertandingan tunda untuk dimainkan.

Menilik tren performa sejauh ini, Lazio boleh jadi sedikit lebih diunggulkan ketimbang Roma. Di bawah arahan Simone Inzaghi, Gli Aquilotti muncul sebagai penantang serius di papan atas.

Usai dikalahkan Napoli di giornata kelima, Lazio kemudian melewati sembilan pertandingan berikutnya di semua kompetisi dengan kemenangan. Di dalam laju tersebut terdapat kemenangan bersejarah di markas Juventus.

Lazio juga sangat produktif dalam mencetak gol. Sejauh ini, mereka sudah menghasilkan 31 gol dalam 11 laga di Serie A, hanya bertekuk lutut dari Juventus (35 gol) dan Napoli (32 gol) yang sama-sama sudah memainkan 12 pertandingan.

Sang striker Ciro Immobile juga patut diwaspadai karena sedang on fire. Pemain internasional Italia itu kini sedang memuncaki daftar topskorer Serie A dengan 14 gol.

Di sisi lain, Roma bersama Eusebio Di Francesco sejauh ini sudah menelan dua kekalahan dalam 11 pertandingan. Soal produktivitas, Roma sejauh ini jadi tim dengan jumlah gol paling sedikit di antara tim-tim di lima besar (21 gol).

Namun Roma sangat tangguh di lini belakang. Solidnya barisan penjagaan yang dikomandoi oleh Federico Fazio dkk. serta performa prima Alisson Becker di bawah mistar gawang membuat Roma sejauh ini baru kebobolan tujuh gol, paling sedikit di Serie A. Mereka juga mencatat tujuh kali clean sheet.

Jelang derby, kubu Roma dibuat ketar-ketir dengan kondisi Radja Nainggolan. Pemain tengah berdarah Indonesia itu mengalami masalah otot yang membuatnya absen membela timnas Belgia saat jeda internasional lalu.

Roma tentu berharap Edin Dzeko akan kembali membuka keran golnya. Meski sudah bikin tujuh gol, Dzeko absen mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir.

Duel terakhir di musim lalu dimenangi Lazio dengan skor 3-1. Itu adalah kemenangan pertama Lazio atas Roma di Serie A setelah bertekuk lutut di empat pertemuan sebelumnya. Akankah Lazio kembali memperbaiki catatan head-to-head dengan Roma? Atau Roma yang memutus laju positif musuh sekotanya itu?

Dari pertandingan lainnya, Napoli akan menjamu Milan di San Paolo, Minggu (19/11/2017) dini hari WIB. Setelah diimbangi Chievo sebelum jeda internasional, Napoli tentu bertekad kembali ke jalur kemenangan untuk menjaga posisinya di puncak klasemen.

Sementara itu, laga melawan Napoli akan jadi ujian berat untuk Milan. Rossoneri yang belum konsisten masih terpaku di posisi ketujuh klasemen dengan 19 poin, berjarak 11 poin dari Napoli.

Sang juara bertahan Juventus akan tandang ke markas Sampdoria. Sedangkan Inter Milan akan menjamu Atalanta di Giuseppe Meazza.

Klasemen Serie A Italy

[Gambas:Sportradar]

(nds/nds)


NO COMMENTS