Milan – Gianluigi Donnarumma besar di AC Milan. Kini, dia tak bersedia memperpanjang kontrak bersama AC Milan. Seperti apa perjalanannya?

Masa kontrak Donnarumma dengan Milan tinggal setahun lagi. Agen Donnarumma, Mino Raiola, memastikan kalau Donnarumma tidak akan memperpanjang kontrak dengan Rossoneri.

Spekulasi masa depan Donnarumma sudah tercipta sejak namanya mencuri perhatian publik pada debutnya, baik bersama klub maupun timnas. Apalagi setelah Donnarumma berulang tahun ke-18, saat pada usia seorang pemain bisa menentukan masa depannya sendiri.

Rumor itu makin kencang saat Raiola menyebut ada 11 klub raksasa yang mendekati Donnarumma. Real Madrid dan Red Devils adalah dua tim yang serius ingin mendatangkan penjaga gawang berusia 18 tahun itu.

[Baca Juga: Donnarumma Tak Mau Perpanjang Kontrak di Milan]

Kepergian Donnarumma itu dikritik pubik. Sebab, dia besar di Milan. Donnarumma sudah bergabung dengan akademi Milan mulai 2013 sampai 2015.

Bagaimana proses Donnarumma menjalani debut bersama tim senior di Milan hingga menolak perpanjangan kontrak?

25 Oktober 2015, Debut Donnarumma

Donnarumma dipromosikan ke tim senior Milan pada awal musim 2015/2016 oleh pelatih Rossoneri, Sinisa Mihajlovic. Donnarumma yang masih berusia 16 tahun bersaing dengan Diego Lopez dan Christian Abbiati

Donnarumma menjalani debut bersama tim utama saat Milan menghadapi Sassuolo di San Siro dan berakhir dengan kemenangan untuk Rosoneri 2-1.

Dalam laga itu dia sudah mengukir sejarah sebagai penjaga gawang termuda yang menjadi starting di liga Serie A. Dia lebih muda 13 hari dari pemegang rekor Giuseppe Sacchi.

Donnarumma kembali diturunkan tiga hari kemudian saat Milan menghadapi Chievo. Dalam laga itu dia membuat clean sheet pertamanya.

Lima hari sejak debutnya itu, Vinenzo, saudara Raional, sudah memberikan sinyal soal masa depan Donnarumma.

“Jika klub mampu mengembalikan daya tarik di mata dunia, saya pikir dia bisa menjadi Buffon baru Milan. Jika krisis di Milan berlanjut, keputusan lain dapat diambil,” kata saudara Raiola, Vincenzo, pada 30 Oktober.

November 2015 – Nilai Transfer Donnarumma Melonjak

Setelah melihat aksi menjanjikan dalam debut dan laga kedua, Raiola sudah menyebutkan nilai potensial Donnarumma yang sangat ‘wow’.

“Dia layak dihargai 170 juta euro (sekitar Rp 2,5 triliun). Saat ini dia juara kecil tapi nanti akan jadi juara yang hebat,” ucap Raiola.

Desember 2016 – Raiola Menanti Kepastian Milan

“Saya berharap dan saya rasa dia akan bertahan di Milan. Raiola ingin tahu ambisi dan rencana masa depan Milan serta siapa pemiliknya nanti,” kata CEO Adriano Galliani.

25 Februari 2017 – Donnarumma Berulang Tahun ke-18

Dengan usia 18 tahun itu, Donnarumma legal untuk teken kontrak profesional dengan Milan. Klub bersikukuh ingin memperpanjang kebersamaan dengan Donnarumma, sebab dia sudah dianggap sebagai simbol Milan dengan penampilannya sejauh itu.

26 Maret 2017 – Milan Tak Berencana Menjual Donnarumma

Milan tak punya niat untuk menjual Donnarumma. Bagi Milan, Donnarumma adalah bagian penting dalam sejarah mereka.

“Bagi kami, dia tidak dijual. Donnarumma adalah bagian dari warisan Milan. Dia adalah produk hebat dari akademi kami, dia merasa sangat terikat dengan klub dan Rossoneri. Dia luar biasa untuk kami,” ujar Presiden Milan, Silvio Berlusconi, kepada La Verita seperti dikutip dari ESPN FC.

13 April 2017 – Milan Berganti Pemilik

Silvio Berlusconi melepaskan kepemilikan AC Milan. Klub itu dilego kepada sebuah konsorsium yang dipimpin oleh pengusaha China Yonghong Li.

Kesepakatan ditandai dengan pebelian senilai 740 juta euro atau sekitar Rp 10,4 triliun.

1 Juni 2017 – Donnarumma DImintai 11 Klub

“Ada 11 klub top yang tertarik dengan dia, yakni Red Devils, Manchester City, The Catalans, Real Madrid, Atletico Madrid, Bayern Munich, Juventus, Napoli, The Reds, Paris Saint-Germain and Everton,” Raiola.

12 Juni – Donnarumma Tolak Perpanjangan Kontrak

Agen Donnarumma Mino Raiola bertemu dengan manajemen Milan pada Kamis (15/6/2017) waktu setempat. Mereka membahas masa depan Donnarumma. Pertemuan itu berlangsung selama 40 menit di Casa Milan.

“Mino Raiola telah memberi tahu saya kalau keputusan Donnarumma adalah tidak memperpanjangnya. Keputusan ini sudah final,” ucap Fassone seperti dikutip ESPN FC.

(fem/krs)


NO COMMENTS