Jakarta – Sejarah baru tercipta di Serie A akhir pekan kemarin. Kwang-Song Han menjadi pemain Korea Utara pertama yang bikin gol di Serie A.

Kwang-Song Han, 18 tahun, dimasukan pelatih Massimo Rastelli pada menit 81 menggantikan Marco Sau saat Cagliari tertinggal 1-3 dari Torino, Minggu (9/4/2017).

Masuknya Han memang tak membuat Cagliari melakukan comeback dan kemudian unggul, namun dia berhasil memperkecil kekalahan timnya menjadi 2-3 berkat gol di penghujung laga. Dia juga membuat dua tembakan ke gawang Joe Hart.

“Saya sangat senang dengan gol pertama saya di Serie A. Saya berterima kasih kepada tim, pelatih dan rekan-rekan satu tim. Di Cagliari saya merasa seperti berada di rumah,” ungkap Han seperti dikutip dari channelnewsasia.com.

Han baru resmi bergabung dengan Cagliari pada 10 Maret 2017. Dia hijrah ke Italia dengan status free agent sejak terakhir kali bermain untuk FC Chobyong–klub asal Korea Utara.

Pemain dengan tinggi 178cm itu memulai debut di Serie A pada 2 April 2017. Ketika itu Han masuk di menit 84 saat Cagliari unggul 3-1. Ketika itu dia tak membuat satupun tembakan.

Meski baru satu bulan bersama Cagliari, Han bisa bergaul dengan baik bersama rekan-rekannya di klub. Penggemar Cristiano Ronaldo itu bertekad untuk berkembang lebih jauh.

“Saya terus coba mengikuti instruksi pelatih, saya belajar banyak. Hubungan saya dengan rekan tim juga baik,” kata Han, yang menceritakan kehidupannya di Cagliari.

Sebelum berkarier di Cagliari, Han punya pencapaian apik di timnas. Dia berhasil membantu negaranya keluar sebagai juara Piala Asia U-16 2014 dengan mengalahkan Korea Selatan 2-1 di laga puncak.

Dalam pertandingan yang bertajuk “Perang Saudara” itu, Han mencetak gol di menit 50. Itu sekaligus jadi gol keempat Han di turnamen tersebut.

(din/rin)


NO COMMENTS