Naples – Sempat diragukan di awal penunjukannya sebagai pelatih Napoli, Maurizio Sarri kini membuktikan anggapan itu salah. Napoli dibawanya kompetitif di Serie A.

Saat ditunjuk menjadi pelatih pada awal musim 2015/2016, Sarri diragukan sebagian suporter Napoli karena dinilai tak cukup capabel. Maklum saja, sebelumnya pria 58 tahun itu hanya menangani tim-tim kecil macam Empoli, Sorrento, Alessandria, Grosseto, Perugia, atau Verona.

Pada prosesnya Sarri mampu menepis kritik terhadapnya. Musim lalu dia langsung membawa Partenopei finis kedua di Serie A dan musim ini masih berpeluang menorehkan hasil serupa.

Napoli sementara ada di posisi tiga dengan nilai 77 dari 35 pekan, hanya satu poin dari AS Roma di posisi dua.

Sarri juga punya statistik yang baik. Dari 95 pertandingan, dia membawa Napoli memenangi 61 di antaranya dan cuma tumbang 16 kali.

Kiprahnya sejauh ini tak ayal membuat Presiden Napoli Aurelio de Laurentiis puas. Intuisinya terbukti tepat dan kini bahkan membayangkan Sarri mengikuti jejak Sir Alex Ferguson, yang menangani Red Devils selama 26 tahun.

“Yang membuat saya puas adalah bahwa intuisi saya dengan Sarri itu benar. Ketika saya mendapatkannya dari Empoli, saya melihat spanduk-spanduk yang menentang keputusan itu,” kata Sarri kepada Il Mattino.

“Tapi saya sudah selalu yakin bahwa telah mengambil pilihan tepat. Dia akan menjadi pelatih Napoli untuk masa yang lebih lama lagi, karena dia punya kontrak beberapa tahun dengan klausul yang hanya berefek di tahun selanjutnya.”

“Ini adalah rumahnya. Bagi saya, dia bisa tetap bertahan di Naples sepanjang hidupnya dan bisa memutuskan untuk mengambil peran ‘Ferguson’,” imbuhnya seperti dikutip Soccerway.

(raw/nds)


NO COMMENTS