Bologna – Juventus memetik kemenangan dramatis pada laga terakhirnya di Serie A musim ini. Tertinggal lebih dulu, Bianconeri akhirnya mengalahkan Bologna 2-1 lewat gol di injury time.

Bertandang ke Stadio Renato Dall’Ara, Sabtu (27/5/2017), Juventus yang sudah mengamankan scudetto sejak akhir pekan lalu mengistirahatkan sejumlah pemain intinya. Tapi, sebagian besar pilar tim tetap turun ke lapangan.

Di posisi penjaga gawang, Juve memasang penjaga gawang keturunan Indonesia, Emil Audero. Ini adalah debut Audero pada laga resmi bersama Juve.

Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, Sami Khedira, dan Juan Cuadrado tetap tampil sebagai starter. Sementara itu, Miralem Pjanic dan Mario Mandzukic menjadi pemain pengganti.

Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Bologna unggul lebih dulu melalui gol Saphir Taider pada menit ke-52. Juventus baru bisa menyamakan kedudukan lewat Dybala pada menit ke-70.

Drama terjadi saat laga sudah memasuki injury time. Striker muda Moise Kean, yang main sebagai pemain pengganti, menjebol gawang Bologna untuk memastikan kemenangan Juve.

Dengan hasil ini, Juventus menyudahi Serie A musim ini dengan perolehan 91 poin dari 38 pertandingan. Mereka untuk sementara unggul tujuh poin atas AS Roma yang berada di posisi kedua. Bologna berada di posisi ke-15 dengan koleksi 41 poin.

Jalannya Pertandingan

Bologna lebih dulu mengancam melalui aksi Mattia Destro. Namun, sepakan Destro dari luar kotak penalti masih melenceng.

Stefano Sturaro menjebol gawang Bologna dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Dybala. Akan tetapi, golnya dianulir karena dia lebih dulu terperangkap offside.

Percobaan yang dilakukan Higuain pada menit ke-20 juga belum membuahkan hasil. Tembakannya dari dalam kotak penalti terlalu lemah dan dengan mudah diantisipasi oleh penjaga gawang Bologna, Angelo Da Costa.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Higuain kembali menjajal peruntungannya melalui sebuah tembakan diagonal. Tapi, arah bola masih melebar.

Juventus mendapatkan peluang bagus pada awal babak kedua. Namun, Khedira gagal memaksimalkan umpan dari Higuain dan sontekannya dari jarak dekat tak mengarah ke sasaran.

Bologna mengejutkan Juve setelah Taider mencetak gol pada menit ke-52. Taider yang menguasai bola di luar kotak penalti memperdaya Claudio Marchisio sebelum melepaskan tembakan melengkung yang tak bisa dijangkau Audero.

Da Costa membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-69 untuk mencegah Dybala mencetak gol. Dia terbang untuk menepis tembakan kaki kiri striker asal Argentina itu.

Juventus menyamakan kedudukan pada menit berikutnya. Tembakan Higuain memang dimentahkan oleh Da Costa, tapi Dybala sukses memanfaatkan bola muntah untuk mengubah skor jadi 1-1.

Foto: Paulo Dybala menjebol gawang Bologna (Mario Carlini/Iguana Press/Getty Images)

Bologna berpeluang unggul lagi pada menit ke-89. Federico Viviani mengambil sebuah tendangan bebas, tapi arah tembakannya sedikit melenceng.

Saat injury time sudah memasuki menit keempat, Juve justru berbalik memimpin. Berawal dari tendangan bebas Pjanic, Kean menyambut bola dengan sundulan kepalanya untuk memastikan kemenangan tim tamu.

Juventus Menang Dramatis di Laga Terakhir Serie AFoto: Gol Moise Kean (Mario Carlini/Iguana Press/Getty Images)

Susunan Pemain
Bologna: Da Costa; Krafth (Petkovic 75′), Torosidis, Gastaldello, Mbaye; Pulgar (Nagy 86′), Viviani, Taider; Okwonkwo, Destro, Krejci (Masina 68′)

Juventus: Audero; Lichtsteiner, Barzagli, Benatia, Asamoah; Marchisio (Pjanic 56′), Khedira (Mandzukic 59′); Cuadrado, Dybala (Kean 79′), Sturaro; Higuain

(mfi/rin)


NO COMMENTS