London – Arsene Wenger menyebut apa yang dia jalankan di The Gunner kini sudah tepat. Karenanya, tidak akan ada perubahan besar dilakukan jika dia dipertahankan.

Demikian diungkapkan Wenger saat dia dikonfrontasi dengan pernyataan CEO The Gunner, Ivan Gazidis. Beberapa hari lalu Gazidis mengatakan kalau hasil buruk yang didapat The Gunner dalam beberapa pekan terakhir akan digunakan sebagai ‘katalis untuk perubahan’ terlepas dari apakah Wenger akan bertahan atau tidak.

Wenger kinu terkesan membela dirinya sendiri. Dia mengungkapkan lagi soal keberhasilan dirinya mentransformasi The Gunners sejak pertama datang ke klub tersebut pada 1996 silam.

“Itu adalah evolusi, bukan perubahan. Perubahan terjadi jika anda bisa mengubah diri anda sepenuhnya. Menurut saya hal tersebut cukup sulit,” ucap Wenger di ESPNFC.

Pelatih berumur 67 tahun itu memang dianggap sebagai salah satu sosok penting perkembangan Premier League. Dia dipuji banyak orang terkait dengan caranya melatih ketika pertama kali sampai di Inggris.

Pengaruh yang dihadirkan Wenger bukan hanya terhadap The Gunner, tapi juga ke klub lain. Bahkan sampai mengubah cara bermain klub-klub Inggris dengan metode-metode baru.

“Saya ingin anda mengunjungi klub sekarang ini, seperti apa sekarang ini, dan cobalah bandingkan keadaannya ketika saya sampai dulu di sini. Mungkin anda akan berkata, jika ada perubahan dalam struktur dan cara bermain yang dimiliki The Gunner. Jika anda bisa berkata seperti itu, maka ya, kami tidak memenangi banyak pertandingan,” lanjut Wenger.

“Jika kami bisa melakukan hal yang lebih baik, saya belum tahu. Akan tetapi, tentu seharusnya kami bisa, karena itulah tujuan yang klub, mencoba terus lebih baik lagi. Tetapi strukturnya tetap ada di situ, seperti sekarang ini. Kami mempunyai kondisi yang fanstastis untuk bermain lebih baik lagi. Jadi perubahan yang hebat akan sangat sulit terjadi sekarang ini,” tuntas Wenger.

(din/cas)


NO COMMENTS