Jakarta – Piala Presiden 2017 tetap digelar Rabu (15/2/2017) besok kendatipun ada Pilkada serentak. Terkait pemain yang hendak menggunakan hak memilih, panitia penyelenggara menyerahkan urusan teknisnya kepada klub.

Penetapan tanggal 15 Februari sebagai hari libur nasional itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017, berkaitan dengan Pilkada serentak di 101 daerah tahun 2017.

Panpel Piala Presiden sendiri memutuskan bahwa pertandingan pada hari itu tetap berlangsung walaupun ada kerisauan bahwa para pemain klub yang akan tanding jadi tidak bisa menggunakan hak pilih.

Pada hari Rabu (15/2), pertandingan Piala Presiden akan berlangsung pada Grup 1 di di Stadion Maguwoharjo, Sleman, antara Persegres Gresik United melawan PSS Sleman dan kemudian Mitra Kukar versus Persipura Jayapura.

Ketua Panpel Iwan Budianto menegaskan pihaknya tidak melarang pemain menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada. Dia menyerahkan sepenuhnya kebijakan secara teknis kepada klub.

“Kebijakan ada di klub bukan dari kami (panpel). Kami serahkan kepada klub masing-masing terserah mereka arahannya seperti apa. Ibarat pengawai tunduk dan patuh ke perusahaan kasih izin atau tidak,” ungkap Iwan Budianto saat dihubungi, Selasa (14/2/2017).

“Kami terlalu jauh jika mencampuri urusan itu. Jadi kami serahkan ke klub bagaimana menyikapi Pilkada tersebut,” kata Iwan.

(ads/krs)


NO COMMENTS