Jakarta – PSSI berencana mengikuti bidding tuan rumah Piala Asia U-19 2018. Keinginan tersebut disampaikan PSSI setelah AFC menegaskan bahwa Indonesia menjadi prioritas program-program federasi sepakbola Asia itu.

AFC melakukan kunjungannya ke kantor PSSI di Kuningan, Jakarta, Selasa (7/2/2017). Dalam kunjungannya, AFC di antaranya diwakili oleh Dato Windsor John selaku sekjen bersama tujuh direktur.

Ia ditemui di antaranya oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, dan Sekjen Ade Wellington.

[Baca juga: PSSI Dapat Dana Bantuan Rp 8 M dari AFC]

Dalam pertemuan tersebut, Sekjen AFC Dato Windsor John menegaskan bahwa Indonesia menjadi prioritas utama dalam program-program AFC. Salah satunya adalah mengutamakan Indonesia sebagai tuan rumah event-event sepakbola Asia.

“Ada dua yang ditawarkan AFC untuk Indonesia menjadi tuan rumah, yaitu Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 pada 2018. Tapi sesuai arahan Ketua Umum PSSI, kami sepertinya akan mengambil yang Piala Asia U-19,” ungkap Sekjen PSSI Ade Wellington.

Piala Asia U-19 dipilih karena Indonesia memiliki peluang lolos ke Piala Dunia U-20 2019 jika mampu menjadi semifinalis. Penyelenggaraan Piala Asia U-19 di tahun 2018 pun bertepatan dengan saat Asian Games.

“Hanya cukup menjadi semifinalis atau the big four, Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia U-20 2019,” kata Ade.

“Penyelenggaraan Piala Asia U-19 2018 pada Oktober. Nah, itu pas karena Indonesia baru selesai menggelar Asian Games 2018,” sebutnya.

AFC juga berjanji akan melakukan bantuan dalam proses percepatan lisensi pelatih AFC, wasit, kurikulum, pengembangan kepelatihan, dan percepatan perkembangan sepakbola usia muda.

(ads/krs)


NO COMMENTS