Makassar – Makassar Super Cup Asia yang diikuti klub dari empat negara akan digelar pada Jumat hingga Minggu (19-21 Januari 2018) di Stadion Andi Mattalatta. Turnamen ini bukan sekadar ajang uji coba skuat baru masing-masing tim.

Makassar Super Cup Asia akan diikuti oleh PSM Makassar (Indonesia), Home United (Singapura), Adelaide United (Australia), dan Ministry of National Defense FC (Kamboja). Turnamen ini menggunakan sistem gugur sehingga tiap laga harus menghasilkan pemenang. Jika kedua tim masih sama kuat selama 90 menit maka akan langsung berlanjut ke adu penalti.

Pelatih Ministry of National Defense FC, Tep Long Rachana, menyebut timnya membawa 19 pemain ke turnamen ini. “Ini bukan hanya untuk sepakbola. Tetapi terhadap hubungan baik antarsesama negara Asia,” ujarnya, Kamis (18/1/2018).

Home United, posisi tiga Liga Singapura tahun lalu, menjadikan Makassar Super Cup Asia sebagai persiapan menghadapi kompetisi tahun ini dan juga Piala AFC. Mereka membawa 22 pemain.

“Kami datang dengan tim yang baru. Setelah banyak pemain kami berkiprah ke Thailand dan Malaysia setelah sukses bersama Home United. Ini juga persiapan Piala AFC yang tiga minggu lagi,” kata pelatih Home United, Aidil Sharin.

Tuan rumah PSM menganggap turnamen ini sangat penting guna menguji kemampuan mereka usai pemusatan latihan di Bali dengan tantangan yang lebih bervariasi.

“Turnamen ini sangat penting apakah kita siap dengan tingkatan itu. Karena kita tidak ikut dalam turnamen Asia. Turnamen ini gambaran dari level tim Kamboja dan Singapura, sekaligus mengukur PSM Makassar berada di tingkatan apa di negara ini,” ungkap pelatih PSM, Robert Rene Alberts.

Sementara itu, tim Adelaide United rencananya akan membawa 24 pemain ke turnamen ini. Mereka masih dalam perjalanan menuju Makassar.

Rancangan turnamen Makassar Super Cup Asia:

Jumat, 19 Januari 2018

– Adelaide vs MND FC, Kick Off 15.00

– PSM vs Home United, Kick Off 19.30

Minggu, 21 Januari 2018

– Match 1 : Kick Off 15.00

– Match 2 : Kick Off 19.30

(mfi/raw)


NO COMMENTS