Sleman – Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menegaskan aturan pemakaian pemain muda demi kebaikan tim nasional Indonesia. Lalu bagaimana dengan pemain veteran?

PSSI menerapkan aturan pemakaian pemain U-23 di Piala Presiden 2017. Setiap tim wajib memainkan minimal tiga pemain dalam kategori usia tersebut selama 45 menit.

Aturan ini rencananya juga diterapkan di kompetisi liga mendatang. Semata-mata demi mempersiapkan para pemain untuk memperkuat timnas ke depannya, menatap sejumlah ajang seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.

“SEA Games di Agustus 2017 dan Asian Games di Agustus 2018 itu pemainnya ditentukan usianya. SEA Games itu 22 ke bawah, Asian Games itu 23 ke bawah, Olimpiade itu 23 ke bawah plus tiga joker,” kata Edy dalam jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (4/2/2017) sore WIB.

“Kalau kita masih main usia 35, 36, 37 lalu untuk apa kompetisi ini? Kompetisi ini ending-nya adalah timnas,” imbuhnya.

Selain aturan tersebut, PSSI juga sebelumnya sudah mewacanakan pembatasan pemain berusia 35 tahun ke atas. Edy menyebut para pemain ini akan diarahkan untuk menjadi pelatih.

“Terus yang 35 ke atas ke mana? Banyak, menjadi pelatih. Indonesia masih kurang banyak pelatih,” sambungnya.

“Spanyol dengan jumlah penduduk 45 juta, pelatihnya ada dua ribu. Indonesia dengan penduduk 250 juta, pelatihnya cuma 97. Kan jauh sekali.”

“Pemain-pemain yang usia 35 kita jadikan pelatih. Belum lagi soal wasit. Kita butuh itu. Ini yang harus kita naikkan dari segi kuantitas, baru kemudian naikkan kualitas,” demikian pria berpangkat Letnan Jenderal TNI ini.

(raw/din)


NO COMMENTS