Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olah tubuh (Kemenpora) telah menyerahkan daftar 30 nama pemain yang bisa dijadikan rekomendasi pelatih timnas U-16 Fachry dalam mencari pemain.

Penyerahan daftar pemain tersebut langsung diberikan oleh Asdep Pengelolaan Olah tubuh Pendidikan Kemenpora, Arifin Madjid, kepada Fachry di kantornya, Senayan, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Seluruh pemain yang diberikan itu merupakan hasil talent scouting di Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016 lalu. Pemain tersebut berasal dari beraneka daerah, yaitu Aceh, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur hingga Sulawesi Selatan dengan tahun kelahiran 2002.

“30 nama ini disaring dari sekitar 200 anak hasil talent scouting kami tahun lalu. Kami sengaja hanya memberikan pemain yang kelahiran 2002 karena sesuai kebutuhan timnas U-16. Yang kelahiran 2001 kami siapkan untuk event internasional yang sudah kami agendakan,” ujar Arifin usai pertemuan.

Nantinya, Fachry juga diberikan kesempatan mencari pemain secara langsung di ajang yang sama untuk tahun ini. Liga Pelajar U-16 Piala Menpora rencananya baru digelar pada April mendatang.

“Tahun ini mayoritas pemainnya kelahiran 2002 sehingga coach Fachry mempunyai pilihan lebih banyak,” timpal Ketua Panpel Liga Pelajar U-16 Mohamad Kusnaeni.

Sementara itu Fachry mengaku sangat senang atas bantuan Kemenpora yang telah memudahkannya mencari pemain. Namun begitu, pelatih 51 tahun tersebut akan tetap memantau pemain dengan cara lain.

“Yang jelas daftar nama dari Kemenpora sangat membantu dan bisa mengurangi sekitar 50 persen dari rencana penjaringan pemain yang saya agendakan,” ujar Fachry.

“Nantinya pemain dari Liga Pelajar U-16 akan saya gabungkan dengan hasil pemantauan di Liga TopSkor, Liga Kompas dan event lainnya,” katanya.

(ads/din)


NO COMMENTS