Jakarta – Persijap Jepara mulai mengarungi Liga 2. Salah satu persiapan yang mereka lakukan untuk menjalaninya adalah dengan mendatangkan seorang dokter tim nasional Indonesia untuk memberi penyuluhan seputar gizi dan kesehatan pemain.

Dokter yang dimaksud adalah Alfan Nur Asyhar, yang saat ini menjadi dokter timnas U-16 dan timnas wanita U-15. Ia akan berada di Jepara selama sepekan untuk memberi penyuluhan terkait Angka Kecukupan Gizi (AKG) pemain Persijap.

Menurut CEO Persijap Esti Puji Lestari, pihaknya memang tak cuma fokus ke teknik permainan tim saja untuk mengarungi Liga 2. Faktor Angka Kecukupan Gizi (AKG) pemain pun jadi perhatian.

“Untuk itulah Persijap kedatangan dokter Alfan,” kata Esti dalam rilis pers Persijap.

“Selama sepekan, beliau akan memberikan penyuluhan, serta konsultasi kepada tim tentang nutrisi atau gizi, agenda makanan, juga kesehatan. Intinya segala hal yang berkenaan dengan gizi dan kesehatan.

“Ada pepatah mengatakan, makanan memang tidak akan memenangkan permainan. Tapi tanpa makanan, permainan tidak dapat dimenangkan. Hal itulah yang menjadi perhatian serius kami,” lanjut Esti.

Alfan sendiri antusias datang karena menurutnya persoalan gizi pesepakbola di Tanah Air memang harus diperhatikan. Ia menegaskan pentingnya nutrisi dalam pembentukan energi, metabolisme tubuh, dan pembentukan sel otot.

“Saya diminta oleh Bu Esti selaku CEO Persijap untuk melakukan perbaikan tim dari sisi medis sebagai supporting system team, sehingga performa tim bisa tetap maksimal, bersinergi dengan program yang diterapkan oleh tim pelatih,” jelas Alfan.

Pria kelahiran Yogyakarta ini berharap, penyuluhan yang diberikannya kepada skuat Persijap dapat berdampak positif bagi klub berjuluk Laskar Kalinyamat ini dalam mengarungi kompetisi Liga 2.

“Ibarat mobil balap super cepat yang dirangkai oleh pelatih harus memerlukan bahan baku material yang bagus, juga isi bahan bakarnya,” tuntas pria yang mengawali karir sebagai dokter timnas sejak 2011 ini.

Persijap sendiri sejauh ini telah melakoni satu pertandingan kompetisi Liga 2 Grup 3, dengan meraih kemenangan telak 4-1 melawan PSGC Ciamis, Sabtu (22/4) lalu di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara.

(krs/din)


NO COMMENTS