Kuala Lumpur – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018. Turnamen itu akan digelar 18 Oktober-4 November tahun depan.

Indonesia sejak lama menginginkan jadi tuan rumah Piala Asia U-19. Hal itu sempat diutarakan PSSI saat mendapat kunjungan AFC pada Februari lalu.

Alasan Indonesia ingin menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 tak lain karena mengincar spot di Piala Dunia U-20 2019. Indonesia bisa berlaga di sana dengan syarat bisa melaju sampai semifinal.

[Baca Juga: PSSI Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-19 Tahun 2018]

Peluang menuju Piala Dunia itu kini terbuka setelah AFC resmi menunjuk Indonesia jadi tuan rumah. Hal itu diumumkan di situs resmi AFC pada Selasa (25/7/2017).

“Kejuaraan AFC U-19, yang akan digelar antara 18 Oktober dan 4 November 2018, dipasrahkan kepada Indonesia. Komite merasa Indonesia menjadi yang paling favorit dalam proses bidding,” tulis AFC.

“Ini juga akan membantu negara memperbaiki kondisinya dan juga meningkatkan pengembangan sepakbola pasca sanksi FIFA,” AFC menambahkan.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah membuat tim asuhan Indra Sjafri lolos otomatis ke putaran final. Timnas Indonesia U-19 sendiri akan tetap mengikuti kualifikasi yang dimulai pada 31 Oktober.

Indonesia tergabung di Grup F bersama tuan rumah kualifikasi Korea Selatan, lalu Malaysia, Timor Leste, dan Brunei. Di putaran final, Indonesia akan bergabung dengan 15 tim yang berasal dari 10 juara grup serta lima runner up terbaik.

Sementara untuk Piala Asia U-16, Malaysia ditetapkan sebagai tuan rumah. Turnamen tersebut akan digelar 20 September hingga 7 Oktober 2018.

(cas/cas)


NO COMMENTS