Bandung – Kantor Imigrasi Klas I Bandung meminta PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) segera mengurus Keterangan Izin Tinggal Sementara (KITAS) untuk Michael Essien dan Carlton Cole. Pihaknya berjanji membantu proses pengurusan KITAS.

“Kami minta untuk Persib segera mengurus KITAS mereka (Essien dan Cole). Kami akan bantu prosesnya,” kata Kepala Kantor Imigrasi Klas I Bandung Maulia Purnamawati kepada wartawan di kantornya, Jalan Surapati, Selasa (18/4/2017).

Menurutnya proses pengurusan KITAS tergolong mudah asalkan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) sudah diterbitkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk diproses selanjutnya menjadi KITAS.

Ia menilai PT PBB sejauh ini sudah ada iktikad baik untuk menyelesaikan administrasi Essien dan Cole. Namun, nyatanya IMTA dari Kemenaker belum terbit sehingga proses pengajuan KITAS pun tertunda.

Foto: Mukhlis Dinillah

“Sebenarnya iktikad baik sudah ada, mereka (PT PBB) sudah mulai mengurus. Tapi mungkin terkendala penerbitan IMTA juga yang menurut mereka sudah diurus,” ujar dia.

Maulia menduga persoalan KITAS pemain asing tidak hanya menimpa Persib saja melainkan juga membelit klub-klub lain di Indonesia. Sehingga, hal itu harus diselesaikan secara menyeluruh.

“Tentu ini memerlukan penyelesaian yang menyeluruh oleh instansi terkait yaitu klub, PSSI, BOPI, Kemenpora, Ditjen Imigrasi, dan Kemenaker,” ungkap Maulia.

(krs/mrp)


NO COMMENTS