Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berharap tinggi pada laga Persija Jakarta vs Espanyol B. Laga itu diharapkan bisa memicu kebangkitan sepakbola Indonesia.

Djarot melakukan pertemuan dengan Espanyol B menjelang digelar pertandingan persahabatan dengan Macan Kemayoran. Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (19/7/2017).

Djarot menilai bahwa pertandingan persahabatan ini baik untuk meningkatkan kualitas sepakbola Indonesia. Ia berharap akan banyak pengalaman yang didapat oleh Persija.

“Saya menyampaikan terima kasih dengan RCD Espanyol yang datang ke sini untuk pertandingan persahabatan dalam rangka berbagi pengalaman dan sekaligus untuk meningkatkan kualitas sepakbola Indonesia, khususnya Persija,” ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/7/2017).

Djarot menjelaskan menjalin kerjasama dengan tim internasional, dapat membangkitkan kembali kualitas sepakbola Indonesia. Apalagi ada beasiswa untuk dua orang untuk pemain muda di Barca.

“Kami juga berterima kasih kepada sponsor yang memberikan beasiswa untuk dua pemain muda untuk satu musim di Barca dan biaya sepenuhnya ditanggung oleh pihak sponsor,” kata dia.

“Kami menyambut gembira, dengan cara seperti itu maka kita bisa mempersiapkan Persija maupun PSSI ke depan dengan pemain-pemain yang bagus. Kita berharap betul bahwa sepakbola di Indonesia itu akan mampu bangkit terutama pada tahun depan ketika kita jadi tuan rumah Asian Games,” sambung Djarot.

Ia menyampaikan hingga saat ini Jakarta telah menjalin kerjasama dengan banyak klub sepakbola dunia. Seperti Real Madrid dan Valencia dari Spanyol, sedangkan dengan Inggris yaitu The Gunner dan Manchester City.

“Jadi kami dorong supaya pemain-pemain muda kita di Indonesia akan mampu tampil sebagai paling nggak di kelas Asia. Anda ingat kita punya sumber daya yang sangat besar, lebih dari 210 juta, masa kita cari 11 pemain atau 24 pemain kita nggak bisa,” ucap Djarot.

Dia berharap dengan adanya program kerja sama dengan melakukan pertandingan persahabatan Indonesia mampu mencetak pemain-pemain bagus di masa depan. Untuk pertandingan nanti malam Djarot meminta agar para pemain memetik pengalaman dan pembelajaran.

“Harapannya supaya Persija itu bisa mendapatkan pengalaman berharga karena bertanding dengan klub-klub besar, papan atas, itu juga langka,” Djarot mengharapkan.

Manajer Persija Gede Widiade menuturkan Espanyol memiliki kelas yang cukup bagus untuk berbagi pengalaman. Juga lebih mudah melihat strategi permainan Espanyol.

“Banyak pertimbangan (memilih Espanyol) tapi yang mempunyai waktu luang dan mempunyai kelas yang cukup bagus bagi kita untuk transfer teknologi, transfer experience, transfer pengalaman adalah Espanyol. Dan hubungannya juga sangat bagus, lebih mudah untuk melihat skenario mereka, karena mereka punya schedule ke-Asia juga, tapi sangat sempit, karena mereka hari Jumat harus balik lagi,” tutup dia.

(lkw/cas)


NO COMMENTS