Jakarta – Duel antara AS Roma dan Napoli menjanjikan laga seru. Tak cuma karena duel dua tim papan atas, tapi Roma dan Napoli juga merupakan tim paling produktif di liga.

Roma dan Napoli akan saling berhadapan di Stadion Olimpico, Sabtu (4/3/2017) malam WIB. Ini akan jadi pertandingan antara tim posisi kedua dan ketiga di klasemen.

Sampai liga berjalan 26 pekan, Napoli jadi tim yang menghasilkan paling banyak gol yakni 60. Itu berarti mereka menghasilkan 2,3 gol per pertandingan. Situs Whoscored mencatat Napoli melepaskan 17,8 tembakan per laga.

Sementara itu, Roma menempati posisi kedua dalam hal produktivitas yakni dengan total 57 gol. Tim arahan Luciano Spalletti itu menciptakan 2,2 gol dan 17,2 tembakan per pertandingan.

Roma dan Napoli juga sama-sama punya pemain depan yang produktif. Edin Dzeko sudah mencetak 19 gol dan memuncaki daftar top skorer sementara bersama Gonzalo Higuain dan Andrea Belotti. Sementara dari kubu Napoli, kendati Arkadiusz Milik cedera, ada Dries Mertens yang produktif dengan 16 gol.

Di papan klasemen, Roma unggul dengan duduk di posisi kedua. Dengan 59 poin, Giallorossi unggul lima angka dari Napoli. Keduanya sama-sama masih berupaya untuk mengejar Juventus yang ada di puncak dengan 66 poin.

Berikut adalah data dan fakta dari laga antara Roma dan Napoli seperti dirangkum Opta:

– Roma sudah mendapat 10 poin dari empat pertemuan terakhir melawan Napoli di Serie A (W3 D1).

– Roma mengalahkan Napoli dalam empat laga kandang terakhir di Serie A, dan Giallorossi hanya takluk satu kali dalam 14 laga terakhir (W9 D4).

– Napoli tidak pernah mencetak gol di kandang Roma dalam 276 menit terakhir melawan mereka: gol terakhir Napoli di sana dibuat Edinson Cavani pada Mei 2013.

– Roma sudah memenangi empat pertandingan terakhir di Serie A (mencetak 13 gol). Di kandang, Roma memenangi 15 pertandingan terakhir, laju terpanjang mereka.

– Napoli kebobolan dalam sembilan dari 10 laga terakhir di liga, dan mereka kebobolan delapan gol dan menghadapi 26 tembakan on target lebih banyak di titik ini di musim lalu.

– Roma dan Napoli mencetak gol terbanyak di Serie A musim ini (Napoli 60 gol, Roma 56 gol) dan paling banyak melepaskan tembakan ke arah gawang (Napoli 187, Roma 156).

– Empat dari tujuh gol terakhir Roma di liga dibuat dari luar kotak penalti. Sementara Napoli sudah mencetak 52 dan 60 golnya dari dalam kotak penalti di musim ini.

– Radja Nainggolan sudah mencetak 15 gol dalam 42 pertandingan di Serie A di bawah Spalletti (sejak Januari 2016), satu gol lebih banyak daripada dalam 201 penampilan sebelumnya.

– Marek Hamsik sudah mencetak gol dalam dua laga tandang pertamanya melawan Roma di Serie A, tapi dia gagal bikin gol dalam enam laga berikutnya..

– Edin Dzeko sudah terlibat dalam tujuh gol dalam enam penampilan terakhirnya di Serie A (enam gol, satu assist).

(nds/krs)


NO COMMENTS