Manchester – Dalam kariernya sebagai pesepakbola, Juan Mata pernah merumput di Spanyol sebelum sekarang di Inggris. Ia membandingkan kehidupannya di dua negara berbeda itu.

Mata memulai karier sepakbola bersama Real Oviedo sebelum bergabung ke akademi Real Madrid pada usia 15 tahun. Ia sempat tampil untuk Real Madrid Castilla, tapi tak pernah menembus skuat utama El Real.

Nama pesepakbola 28 tahun tersebut lalu mencuat bersama Valencia yang ia perkuat pada periode 2007–2011. Performanya bersama El Che membawa Mata direkrut The Blues pada musim panas 2011. Pada Januari 2014 ia meninggalkan London ke Manchester untuk bergabung dengan Red Devils yang dibelanya sampai sekarang.

“Buat seorang pesepakbola profesional, di sini Anda bisa menjalani kehidupan yang lebih tenang dibandingkan dengan di Spanyol,” ujar Mata kepada Soccer Saturday Sky Sports.

Foto: Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images

“Buat saya tinggal di London dan Manchester, dua tempat yang amat berbeda, sudah terasa amat menakjubkan. Saya amat senang dengan kasih sayang yang diperlihatkan para suporter. Saya pikir di Inggris sini para suporternya memperlakukan para pesepakbola dengan sangat hormat,” katanya.

Ketika ditanya apa itu berarti merangkul kultur tempat bekerja merupakan hal yang penting, Mata menjawab, “Saya pikir itu tergantung pada kepribadian pemainnya, tapi buat saya penting untuk merasa nyaman dengan sekeliling. Saya harus belajar dari kota tempat saya tinggal dan sejarah klub yang saya perkuat. Itu membantu saya untuk memiliki pola pikir tepat dan merasa gembira. Dan Anda jadi bisa tampil lebih baik saat merasa nyaman.”

(krs/din)


NO COMMENTS