London – The Blues akan menjamu The Gunner di Premier League akhir pekan ini. Sejumlah catatan menarik mewarnai pertemuan dua tim sesama London ini.

The Blues berkesempatan membalas kekalahan telak 0-3 di Emirates Stadium awal musim ini, kala menjamu The Gunner di Stamford Bridge, Sabtu (4/2/2017) malam WIB. Kekalahan itu adalah yang terbesar yang ditelan The Blues dari The Gunner sejak 1997 silam.

Setidaknya The Blues didukung catatan bahwa The Gunner sudah lebih dari satu dekade tak pernah berhasil menaklukkan mereka dua kali di Premier League dalam musim yang sama.

Berikut data dan fakta laga The Blues vs The Gunner seperti dirangkum Opta

– Kekalahan 0-3 The Blues dari The Gunner pada September lalu adalah kekalahan terbesar mereka melawan The Gunners sejak April 1997 (0-3). Mereka sebelumnya tak terkalahkan di sembilan laga Premier League melawan The Gunner (6 unggul, 3 sebanding).

– The Gunner belum pernah menorehkan dua kemenangan atas The Blues di musim yang sama sejak 2003/2004, di musim di mana mereka terakhir kali juara Premier League.

– Terakhir kali seorang manajer The Blues gagal memenangi dua pertemuan pertama melawan The Gunner adalah Jose Mourinho di 2004/2005, sementara terakhir kali manajer The Blues menyerah di dua pertemuan pertama melawan The Gunner adalah Glen Hoddle di 1993/1994.

– Arsene Wenger sudah menyerah di empat laga terakhir berlangsung di Stamford Bridge. Satu-satunya laga tandang di mana dia menelan lebih banyak kekalahan secara berturut-turut adalah di Old Trafford (2009-2013).

– Kekalahan 0-3 dari The Gunner pada September lalu adalah kekalahan paling telak yang ditelan Antonio Conte sejak Oktober 2010, ketika masih menjadi pelatih Siena (0-3 vs Empoli).

– The Gunner mencetak lebih banyak gol di babak pertama melawan The Blues pada pertemuan terakhir di Premier League, dibandingkan yang mereka dapatkan di sembilan pertemuan terakhir.

The Gunners sudah punya tiga pemain diusir dari lapangan dalam tiga laga terakhir di Stamford Bridge dalam ajang Premier League, yakni Gabriel Paulista, Santi Cazorla, dan Kieran Gibbs.

– Theo Walcott adalah pemain The Gunner terakhir yang mencetak gol di Stamford Bridge, pada Januari 2013 silam kala takluk 1-2. Dia juga mencetak gol di kemenangan terakhir The Gunner di sana pada ajang Premier League, unggul 5-3 di Oktober 2011.

– Diego Costa sudah mencetak gol di dua dari empat penampilan melawan The Gunner di liga dan sudah dikartu kuning di dua laga lainnya.

The Gunners sudah memenangi tiga dari empat derby London di Premier League musim ini (3 manang, 1 sebanding), ini dicatatkan setelah cuma memenangi satu dari delapan derby di 2015/2016 lalu (4 sebanding, 3 menyerah). Mereka adalah satu-satunya tim yang belum terkalahkan di derby London musim ini.

– The Blues sudah memenangi delapan pertandingan kandang secara berturut-turut di Premier League, laju terbaik mereka di kompetisi sejak rangkaian 10 kemenangan yang berakhir di Januari 2015 silam. Skor agregat di delapan laga tersebut adalah 24-3 untuk keunggulan The Blues.

– The Gunner sudah menyerah tiga kali di delapan pertandingan Premier League terakhirnya, jumlah itu sama dengan mereka telan di 30 partai sebelumnya.

(raw/fem)


NO COMMENTS