Madrid – Luis Milla akan memulai pekerjaan sebagai pelatih Timnas Indonesia pekan ini. Sahabatnya sekaligus pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui, mendoakan yang terbaik untuk Milla.

Milla dan Lopetegui memang sudah dekat sejak keduanya sama-sama berkarier di Spanyol. Mereka jadi kunci sukses keberhasilan timnas U-21 Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21 selama dua tahun berurutan, dari 2011 hingga 2013.

Di tangan merekalah, generasi penerus La Furia Roja seperti Isco, David De Gea, Thiago Alcantara, Marc Bartra, Alvaro Morata, Iker Muniain, dan Koke Muncul.

Milla lantas meraih sukses bersama Spanyol di Piala Eropa U-21 2011 dengan jadi juara dan mundur usai kegagalan di Olimpiade 2012. Posisinya lantas digantikan Lopetegui yang juga membawa Spanyol jadi juara ajang yang sama di 2013.

Keduanya kini sama-sama kembali jadi pelatih timnas namun di level senior. Jika Lopetegui diangkat sebagai pelatih Spanyol sementara Milla menantang diri dengan jadi pelatih Indonesia.

Sebagai pengganti Riedl, Milla tentu punya tugas berat untuk membawa Indonesia kembali berprestasi setelah dua dekade lebih puasa gelar. Turnamen terdekat Milla adalah SEA Games 2017 dan kemudian Asian Games 2018.

[ Baca juga: Melongok Karier Melatih Luis Milla Sejauh Ini ]
[ Baca juga: Luis Milla Menjanjikan Bagi Indonesia karena Dia Mantan Gelandang Bertahan ]

Usai dikontrak bulan, Milla akan mulai bekerja pada pekan ini dan rencananya akan tiba di Jakarta, Kamis (9/2/2017) sore WIB untuk langsung mengadakan konferensi pers.

“Sukses untuk karier barumu @Luismillacoach sebagai pelatih Indonesia. Pelatih hebat sekaligus teman yang hebat,” ujar Lopetegui di akun twitternya.

(mrp/raw)


NO COMMENTS