Jakarta – Duel antara Pusamania Borneo FC dan Arema FC bisa berlangsung menarik. Kedua tim bisa saling menguji keunggulan masing-masing.

Arema memulai laga Piala Presiden 2017 dengan langkah yang mulus. Mereka berhasil keluar sebagai juara Grup 2 dengan tujuh poin. Hasil itu didapat dari kemenangan 2-0 melawan Bhayangkara FC, 1-1 melawan Persija, dan unggul 4-0 atas PS TNI.

Langkah mereka baru terlihat berat di babak perempatfinal. Tim besutan Aji Santoso itu susah payah mengalahkan Sriwijaya FC lewat gol tunggal Adam Alis.

Di babak semifinal, jalan Arema semakin terjal. Mereka bertekuk lutut 0-1 dari Semen Padang pada leg pertama di Stadion H. Agus Salim akibat gol penalti Marcel Sacramento.

Namun, di leg kedua Arema tampil superior. Meski sempat tertingga 0-2, Singo Edan akhirnya bisa menjungkalkan Kabau Sirah dengan melesakkan lima gol, yang diborong Cristian Gonzales. Laga pun berkesudahan dengan 5-2 (agregat 5-3).

Sementara itu, PBFC jadi tim yang mampu bikin kejutan di Piala Presiden. Dengan hanya mencetak satu gol di fase grup, mereka bisa melaju ke babak prempatfinal dengan status juara Grup 4.

Keberhasilan itu mereka raih berkat hasil setara tanpa gol melawan Barito Putera dan Bali United. Kemenangan baru diraih dalam laga penentuan melawan Sriwijaya lewat gol tunggal Fandi Achmad.

Di babak perempatfinal mereka kembali tak mencetak gol ketika laga melawan Madura United berkesudahan 0-0. Namun, bisa melaju ke babak selanjutnya setelah unggul adu penalti 5-4.

Dalam laga semifinal, PBFC menunjukan kemajuan dalam hal mencetak gol. Bermain di hadapan pendukung sendiri pada leg pertama, tim besutan Ricky Nelson bisa mencetak dua gol untuk menundukan Persib 2-1. Namun, kehadiran dua gol itu meruntuhkan kesucian gawang PBFC yang sebelumnya tidak pernah kemasukan gol.

Di leg kedua, PBFC bertekuk lutut 1-2 dari Persib. Hasil itu membuat laga harus berlanjut ke babak adu penalti. Beruntung, Mereka bisa unggul 5-3 setelah seluruh eksekutor PBFC bisa jalankan tugas dengan baik.

Kini, Piala Presiden sudah masuk ke laga puncak dengan bertemunya PBFC dan Arema. Kedua tim akan bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (12/3/2017).

Daya gedor Arema akan diuji PBFC yang jadi salah satu tim dengan benteng terbaik. Sejauh ini Pesut Etam baru kemasukan tiga gol dari enam pertandingan. ‘Perawan’ sejak fase grup hingga perempatfinal, gawang PBFC baru jebol di babak semifinal.

Sementara itu, Arema merupakan tim tersubur kedua di perhelatan Piala Presiden 2017 dengan torehan 13 gol dalam 6 pertandingan. Delapan gol di antaranya diciptakan Cristian Gonzales. Sisanya diciptakan Esteban Vizcarra (2 gol), Dendi Santoso (2 gol), Adam Alis (1 gol). Mereka hanya bertekuk lutut tiga gol dari Semen Padang.

()


NO COMMENTS