Labuha – Menteri Pemuda dan Olah tubuh, Imam Nahrawi, menyorong gencarnya pembinaan pesepakbola usia dini. Turnamen U-14 dan U-16 pun digelar di Halmahera Selatan.

Bertajuk Menpora Cup turnamen itu diikuti oleh sebanyak 31 tim di kelompok usia di bawah 16 tahun dan 41 tim untuk kelompok usia di bawah 14 tahun.

Hadiah total sebesar Rp 140 juta sudah disiapkan untuk pemenang kompetisi U-16. Sementara di kompetisi U-14 ada hadiah total Rp 75 juta.

Turnamen itu dihelat di Lapangan Samargalila, Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Dimulai, Kamis (23/2/2017), ajang yang menggunakan sistem setengah kompetisi ini akan selesai akhir Maret mendatang.

“Harapan, niat, dan keinginan, agar kita besar dan memberikan yang terbaik lewat hasil, sungguh sudah kita wujudkan hari ini,” kata Menpora dalam sambutannya.

“Bersama-sama nanti kita akan menyaksikan anak-anak usia U-14 dan U-16, Bupati Cup, Wakil Bupati Cup, menujukkan kita ingin sehat bersama-sama. Sehat bersama-sama. Kelak generasi ini akan melanjutkan estafet kepemimpinan di daerah maupun di nasional.”

“Dengan olah tubuh dan tari cakalele, semoga terbentuk menjadi pemuda yang handal, mentalnya kuat, spiritualnya kuat, rasa solidaritas dan respek, menghargai dan menghormati itu akan terwujud.”

“Selamat bertanding, junjung sportivitas. Kepada wasit PSSI, dan cabang lain, ayo arahkan anak-anak kita agar menjadi yang terbaik,” harapnya.

Foto: Lucas Aditya / Detiksport

Dalam acara pembukaan ini juga dilakukan sebuah pemecahan rekor tari cakalele. Tari yang menyimbolkan perjuangan masyarakat Maluku Utara dalam mengusir penjajah itu biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu di upacara adat.

Sebanyak 1.700 orang ambil bagian dalam pemecahan rekor yang dicatat Museum Rekor Indonesia itu, yang berasal dari anak-anak sekolah di pulau Bacan.

(cas/rin)


NO COMMENTS