Jakarta – Bima Sakti akan menjalani pengalaman barunya sebagai asisten pelatih timnas Indonesia. Dia membeli kamus bahasa Spanyol-Indonesia.

Bima Sakti, 41 tahun, dipercaya sebagai asisten pelatih Luis Milla di tim nasional. Dia akan bekerja dengan dua asisten lainnya, Miguel Gandia dan Eduardo Perez dari Spanyol.

Ketiga pelatih tersebut diketahui tidak terlalu mahir dalam berbahasa Inggris. Mereka kerap menggunakan penerjemah untuk membantu berkomunikasi.

Bima optimistis tak akan menemui kendala besar dalam menjalankan tugasnya karena bahasa. Mantan asisten pelatih Persiba Balikpapan itu yakin bisa bekerja dengan baik dalam membentuk tim.

“Bahasa Spanyol dan Italia bagi saja sama saja, tidak ada masalah. Tapi saya juga sudah beli kamus bahasa Spanyol. Jadi saya bisa berbicara dengan mereka,” ujar Bima, Jumat (10/2/2017).

Saat masih menjadi pemain, Bima juga terbiasa berinteraksi dengan pelatih asing. Dia salah satu pemain Primavera yang menjalani training camp jangka panjang bersama Kurniawan Dwi Yulianto dan Supriyono di Italia. Lagipula, Milla dan dua asistennya itu akan didampingi penerjemah, Bayu Putra.

Milla sudah lebih dulu menyebut tak akan menjadikan perbedaan bahasa sebagai kendala dalam menangani timnas. Mantan pemain Real Madrid itu menilai bahasa sepakbola itu sebagai bahasa universal yang bisa dipahami ketika sudah berada di lapangan.

(ads/fem)


NO COMMENTS